Kompas.com - 12/06/2021, 13:09 WIB
Sekolah juga harus menyenangkan. Itulah alasannya pendidikan di Purwakarta, terutama di pedesaan, banyak belajar di luar kelas (dokumen 2016). Dok Humas Pemkab PurwakartaSekolah juga harus menyenangkan. Itulah alasannya pendidikan di Purwakarta, terutama di pedesaan, banyak belajar di luar kelas (dokumen 2016).
|

KOMPAS.com - Sekolah pasti identik dengan belajar di dalam kelas. Namun, saat masa pandemi Covid-19 ini, belajar tak harus di kelas.

Menurut Direktur Sekolah Dasar Kemendikbud Ristek Sri Wahyuningsih, belajar tidak harus di dalam kelas. Guru bisa mengajak murid-muridnya bermain di luar kelas karena pada prinsipnya, bermain adalah belajar.

"Di masa pandemi Covid-19 ini, guru dituntut memiliki kreativitas dan inovasi dalam pembelajaran sebagai upaya penguatan karakter generasi penerus bangsa," ungkap Sri Wahyuningsih, dikutip dari laman Direktorat SD Kemendikbud Ristek, Kamis (10/6/2021).

Baca juga: Anak Aktif Gerak? Bunda Jangan Khawatir, Ini Manfaatnya

"Jangan biarkan anak-anak kita mengalami learning loss. Salah satu inovasi yang bisa dilakukan adalah dengan bermain sambil belajar di luar kelas," imbuhnya.

Menurutnya, belajar di luar kelas sangat relevan dengan situasi saat ini karena virus corona masih menjadi ancaman bagi setiap orang, termasuk anak.

Dengan belajar di luar kelas, potensi penularan virus corona bisa diminimalisasi. Tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat, seperti:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

  • memakai masker
  • menjaga jarak
  • rajin cuci tangan pakai sabun

Akan tetapi, jika belajar di dalam kelas mungkin ada kekhawatiran sirkulasi udara tidak lancar. Oleh karenanya, jika belajar di ruangan terbuka:

1. Tidak ada masalah sirkulasi udara.

2. Anak-anak terkena sinar matahari secara langsung.

Baca juga: 3 Cara Mendidik Anak agar Berprestasi

3. Bisa bermain sambil belajar itu menyenangkan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X