Kompas.com - 16/07/2021, 08:43 WIB
Belajar dan bekerja di rumah semakin nyaman persiapan yang tepat Dok. LogitechBelajar dan bekerja di rumah semakin nyaman persiapan yang tepat
|

KOMPAS.com - Pandemi Covid yang belum mereda mengharuskan siswa, mahasiswa atau pekerja harus melakukan aktivitas di rumah. Seperti belajar atau bekerja.

Karena itu, semua sudah familiar beraktivitas di depan layar ponsel, laptop atau komputer. Meski demikian, jika seharian menatap layar terus menerus bisa mengganggu kesehatan.

Contohnya, daya kerja mata yang mengurang, sakit punggung, leher, dan kepala. Jika gangguan kesehatan ini terus terjadi, alih-alih pekerjaan selesai tepat waktu, Anda justru bisa terancam bed rest dan meninggalkan tanggung jawab.

Baca juga: 6 Tips Menciptakan Suasana Belajar Menyenangkan di Rumah

Agar hal buruk itu tidak terjadi, berikut ini ada 5 tips tetap bugar meski seharian di depan layar. Informasi dilansir dari laman Alumni UGM.

1. Duduk senyaman mungkin

Belajar atau bekerja seharian di depan komputer jelas sangat melelahkan. Jika salah posisi ketika duduk, bisa-bisa Anda mengalami gangguan tulang dan otot.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk itu, cobalah mencari kursi yang nyaman untuk Anda. Paling tidak, tinggi kursi setinggi lutut sehingga ketika duduk, posisi paha Anda menjadi sejajar dengan lantai.

Usahakan untuk duduk dengan tegap namun tetap santai. Manfaatkan sandaran kursi untuk membuat Anda lebih nyaman.

2. Setting layar monitor

Coba atur kecerahan cahayanya. Jangan terlalu cerah, namun jangan juga terlalu redup. Cahaya yang terlalu cerah dan redup cepat membuat mata Anda lelah.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.