Kompas.com - 21/07/2021, 06:07 WIB
Ilustrasi jajanan KOMPAS.com/Tri WahyuniIlustrasi jajanan
|

KOMPAS.com - Bagi orangtua yang memiliki anak kecil maka harus tetap memberikan makanan yang berkualitas. Yakni makanan yang aman, bergizi, dan memiliki citarasa enak.

Tentu, kriteria tersebut dapat terjamin dipenuhi dengan mengonsumsi makanan yang diolah sendiri karena kita tahu betul bahan yang digunakan dalam pembuatannya dan cara pengolahannya.

Namun bukan berarti kita sama sekali tidak boleh mengonsumsi makanan jajanan. Pilihlah makanan jajanan yang aman, yaitu yang bebas dari bahaya biologis, kimia dan benda lain.

Baca juga: RSA UGM: Ini Panduan Lengkap Isolasi Mandiri Pasien Covid

Melansir laman resmi RSA Universitas Gadjah Mada (UGM), Ahli Gizi RSA UGM Pratiwi Diniasari, S.Gz memberikan 6 tips memilih jajanan sehat dan aman:

1. Pilih jajanan yang bersih

Hal pertama ialah pilih makanan jajanan yang dipajang dan disajikan dengan baik. Pastikan makanan disajikan di atas meja atau etalase yang bersih.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hindari membeli makanan jajanan yang disajikan dalam wadah terbuka karena rawan terkena kontaminasi. Gunakan alat makan (sendok, garpu, penjepit makanan) untuk mengambil makanan.

Jangan beli makanan yang sudah dipegang menggunakan tangan langsung oleh orang lain. Pastikan makanan jajanan disimpan dengan suhu yang sesuai jenisnya.

Sebagai contoh yoghurt yang harus disimpan dalam suhu dingin, atau bakso yang harus disajikan dalam suhu panas untuk memastikan sudah dimasak hingga benar-benar matang.

Belilah makanan jajanan di tempat yang bersih. Perhatikan lingkungan sekitar tempat penjual makanan jajanan tersebut.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X