Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/08/2021, 13:22 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Perkembangan teknologi yang begitu pesat membuat informasi dan beragam hal relatif didapat dengan mudah dan cepat.

Tumbuh di dunia yang serba cepat, buka tak mungkin membuat anak menjadi pribadi yang kurang sabar. Apa-apa, inginnya ada saat itu juga.

Merangkum platform edukasi Kelas Pintar, anak-anak diibaratkan sebagai kertas putih, di mana coretan apapun di dalamnya merupakan hasil dari didikan orangtua.

Orangtua memiliki peranan yang sangat penting bagi tumbuh kembang anak, mulai dari perilaku, kesehatan hingga pengajaran lainnya. Dalam aspek perilaku, salah satu tantangan bagi orang tua adalah mendidik anak jadi penyabar.

Baca juga: Belajar dari Orangtua Jepang Cara Menanamkan Disiplin pada Anak

Mendidik anak untuk menjadi penyabar memang bukan perkara mudah, namun jika diperkenalkan sejak dini anak-anak dapat memiliki toleransi yang tinggi dan lebih bersabar.

Hal ini penting dimiliki sehingga nantinya mereka tak akan mudah bertindak gegabah ketika menghadapi suatu hal di masa depan.

Berikut adalah beberapa tips untuk mendidik anak untuk jadi penyabar:

1. Tanggapi dengan penuh kesabaran

nak akan lebih mudah mencontoh prilaku orangtua ketimbang mendengarkan nasihat.

Untuk itu, orangtua juga harus bersabar untuk mengajari anak kesabaran. Dengan menanggapi perilaku anak secara tenang, kita berarti sedang mengajarkan anak bahwa ia bukan satu-satunya pusat perhatian.

Dengan begitu, anak memahami bahwa ada hal lain di luar dirinya yang juga harus diperhatikan.

Anak pun terlatih untuk tidak memaksakan keinginannya, belajar menunggu saat meminta sesuatu kepada orangtuanya yang sedang melakukan hal lain.

Baca juga: 10 Negara Paling Bersih dari Praktik Korupsi, Indonesia Urutan Berapa?

2. Ungkapkan dengan kata-kata lembut

Melatih kesabaran anak sekaligus melatih kesabaran diri sendiri dalam menghadapi sikap anak-anak. Hal ini dikarenakan sikap sabar orangtua menjadi poin penting menjadikan seorang anak menjadi penyabar.

Salah pendidikan yang bisa diterapkan dalam melatih kesabaran adalah dengan menekankan kata-kata yang lembut saat mengarahkan anak dalam bersikap.

Anak-anak akan dengan mudah mengikuti perintah orang tua dengan kata-kata yang lembut dan penuh kasih sayang. Meski membutuhkan waktu yang lebih lama, namun akhirnya anak-anak akan terbiasa untuk bersikap sabar dari dalam dirinya.

3. Beri anak kesempatan untuk menunggu

Menumbuhkan sikap sabar pada anak memang membutuhkan latihan terus menerus, tak cukup hanya dalam satu hari.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com