Kompas.com - 06/08/2021, 13:22 WIB
Ilustrasi anak. FREEPIK/JCOMPIlustrasi anak.

KOMPAS.com - Perkembangan teknologi yang begitu pesat membuat informasi dan beragam hal relatif didapat dengan mudah dan cepat.

Tumbuh di dunia yang serba cepat, buka tak mungkin membuat anak menjadi pribadi yang kurang sabar. Apa-apa, inginnya ada saat itu juga.

Merangkum platform edukasi Kelas Pintar, anak-anak diibaratkan sebagai kertas putih, di mana coretan apapun di dalamnya merupakan hasil dari didikan orangtua.

Orangtua memiliki peranan yang sangat penting bagi tumbuh kembang anak, mulai dari perilaku, kesehatan hingga pengajaran lainnya. Dalam aspek perilaku, salah satu tantangan bagi orang tua adalah mendidik anak jadi penyabar.

Baca juga: Belajar dari Orangtua Jepang Cara Menanamkan Disiplin pada Anak

Mendidik anak untuk menjadi penyabar memang bukan perkara mudah, namun jika diperkenalkan sejak dini anak-anak dapat memiliki toleransi yang tinggi dan lebih bersabar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hal ini penting dimiliki sehingga nantinya mereka tak akan mudah bertindak gegabah ketika menghadapi suatu hal di masa depan.

Berikut adalah beberapa tips untuk mendidik anak untuk jadi penyabar:

1. Tanggapi dengan penuh kesabaran

nak akan lebih mudah mencontoh prilaku orangtua ketimbang mendengarkan nasihat.

Untuk itu, orangtua juga harus bersabar untuk mengajari anak kesabaran. Dengan menanggapi perilaku anak secara tenang, kita berarti sedang mengajarkan anak bahwa ia bukan satu-satunya pusat perhatian.

Dengan begitu, anak memahami bahwa ada hal lain di luar dirinya yang juga harus diperhatikan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.