Kompas.com - 12/08/2021, 14:11 WIB
Buku pop up tiga dimensi kisah timun mas DOK. elex Media KomputindoBuku pop up tiga dimensi kisah timun mas

 

Penulis: Jan Alvin, John Putra, dan Jesicca Ford, SMK Tarakanita Jakarta I Supervisi: Alvin Henanda, Product Development Oopredoo, Elex Media Komputindo

KOMPAS.com – Langkah kaki Buto Ijo semakin mendekat ke arah Timun Mas. Ingin sekali si Buto ini lekas menangkap tubuh mungil Timun Mas. Ia berlari dan berharap selamat dengan berbekal senjata sakti pemberian Ibunya, Mbok Srini. Apakah Timun Mas berhasil selamat dari Buto Ijo?

Siapapun pasti familiar dengan cerita ini. Tetapi, apakah kamu tahu dari mana kisah rakyat ini berasal? Timun Mas adalah cerita rakyat Jawa tentang kisah seorang gadis pemberani yang mencoba untuk bertahan dan melarikan diri dari Buto Ijo (raksasa hijau jahat) yang mencoba untuk menangkap dan memakannya.

Cerita rakyat ini, tidak diketahui kapan diciptakan. Hanya, sejak dari dulu pun kisah ini muncul turun-temurun antar generasi. Banyak juga film, kartun hingga buku mengangkat kisah asli Indonesia ini.

Baca juga: Ajak Anak Belajar Mengenal Bagian Tubuh di Komik Cookie Run Science

Kali ini, ada cara baru menikmati kisah antara Buto Ijo dan Timun Mas. Oopredoo, lini product development Elex Media Komputindo yang memfokuskan diri pada produk aktivitas interaktif untuk anak-anak balita dan PAUD berkolaborasi dengan Hafez Achda menerbitkan buku pop up Timun Mas dan Buto Ijo.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Media pop up dipilih karena memiliki unsur tiga dimensi yang mampu mengungkap visualisasi cerita yang seolah-olah bergerak ketika halaman dibuka.

Buku pop up tiga dimensi kisah timun masDOK.Oopredoo Buku pop up tiga dimensi kisah timun mas

Buku ini diharapkan mampu menarik perhatian anak sekaligus memicu daya kreativitas anak dalam memahami cerita yang tersaji di dalamnya.

Baca juga: 7 Keuntungan Membaca Dongeng bagi Anak

Sikap pantang menyerah Timun Mas dapat menjadi pelajaran nilai kehidupan bagi anak-anak untuk tetap semangat dan pantang menyerah dalam menghadapi beragam rintangan dalam hidup yang dijalani.

Melestarikan dongeng dan cerita rakyat, bisa diajarkan kepada anak-anak. Sekaligus menumbuhkan kecintaan anak pada negerinya. Kalau bukan kita, siapa lagi?

Penasaran?

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.