Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BTS Buka-Bukaan Tentang Perjalanan Mereka, Army Wajib Tahu Hal Ini

Kompas.com - 14/08/2021, 15:19 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Albertus Adit

Tim Redaksi

Penulis: Dian Rakhmawati S, Editor penerbit BIP

KOMPAS.com - Di kalangan anak muda, tidak ada yang tidak mengenal BTS. Bahkan, semenjak BTS Meal yang diusung McDonal's yang menggandeng boyband asal Korea Selatan ini nama mereka menjadi meledak. Tetapi, apa ya yang membuat mereka bisa se-terkenal saat ini?

Selalu bekerja keras

Ketika dunia mengalami kelambatan karena pandemi, hal ini tidak berlaku bagi BTS. Serangkaian jadwal yang padat selalu menghiasi hari-hari mereka. Para personel BTS mengaku pulang ke rumah hanya pada saat tidur. Namun, kerja keras tentu tidak akan mengkhianati hasil. Dalam beberapa bulan ini, BTS banyak menghadirkan konten-konten dan merilis lagu baru.

“Butter”, contohnya, menjadi lagu terlaris dan banyak memecahkan rekor-rekor di dunia musik. Lagu ini mampu bertahan selama 7 minggu di chart Billboard, yang tentu saja merupakan pencapaian sangat luar biasa.

Seolah itu masih kurang, BTS pun merilis “Permission to Dance” pada tanggal 9 Juli 2021. Tanggal yang sangat spesial karena merupakan hari jadi ARMY, fandom BTS. Seperti yang sudah dapat diperkirakan, lagu ini langsung berada di puncak tangga lagu di banyak negara.

Tentunya, “Permission to Dance” ini juga banyak memecahkan rekor-rekor di dunia musik. Jika melihat kembali sejarah awal debut pada tahun 2013, banyak yang memandang BTS sebelah mata. Banyak yang meragukan bahwa grup idola dari agensi baru dan kecil akan mendapatkan kesuksesan.

Baca juga: Shiomi-Chan, Komik Komedi Penghangat Hati Yakuza Generasi Baru

Kecaman dan tuduhan sajaegi kerap diarahkan pada BTS selama bertahun-tahun. Namun, BTS, Bang Si Hyuk, dan BigHit Ent. (sebelum berganti menjadi HYBE) terus bekerja keras dan menepis semua tuduhan dengan prestasi demi prestasi. Dari hanya fans meeting yang hanya dihadiri 23 orang, menjadi ratusan ribu fans yang memenuhi stadion konser-konser BTS.

Banyak memiliki fans dari kalangan selebritis

Siapa yang tak kenal dengan fandom yang sekarang dianggap sebagai fandom terbesar di dunia, yaitu ARMY. Hal ini dapat dibuktikan dengan tagar mengenai BTS, anggota BTS, dan bahkan ARMY sendiri selalu menjadi trending topic di berbagai platform. Ketika ada suatu organisasi mengadakan vote yang pada salah satunya kategorinya, BTS selalu berada di atas dengan vote yang sangat banyak jumlahnya.

Ketenaran BTS seperti selalu berada di atas. Selalu ada update terbaru dari para selebritis yang memperlihatkan kecintaan mereka pada BTS melalui unggahan di media sosial. Tak tanggung-tanggung, banyak nama besar yang mengaku menyukai BTS. Siapa yang tak kenal John Cena? Aktor Hollywood ini bahkan terang-terangan menegaskan bahwa dia adalah seorang ARMY di sebuah acara talk show.

Banyak memiliki fans dari kalangan akademis

Mempunyai fans dari kalangan selebritis mungkin bukan hal yang baru. Namun, suatu fenomena tersendiri bahwa BTS mampu menarik kalangan akademisi untuk menjadi fans mereka. Apa yang membedakan BTS dari grup idola lainnya? Apa yang berhasil menarik perhatian para akademisi?

Konsep yang diusung BTS dalam setiap albumnya selalu penuh makna dan decak kagum. Setiap album dan lagu-lagu di dalamnya seolah menjadi jejak pertumbuhan dan perkembangan BTS.

Pemilihan konsep, lagu, dan lirik dipenuhi literatur-literatur dunia. Setiap MV memiliki simbol-simbol tersembunyi yang saling terkait. Setiap kali lagu atau MV baru BTS dirilis, ARMY sibuk saling mengemukakan teori dan mengurai simbol. Siapa sangka grup idola bisa semenarik ini?

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com