Kompas.com - 15/08/2021, 14:54 WIB
Ilustrasi mahasiswa, kampus, universitas, perguruan tinggi ShutterstockIlustrasi mahasiswa, kampus, universitas, perguruan tinggi
|

KOMPAS.com - Setiap tahun ajaran baru, peserta didik di semua jenjang akan mengikuti masa pengenalan lingkungan di masing-masing satuan pendidikan.

Di jenjang sekolah biasanya dikenal dengan sebutan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Sedangkan untuk jenjang perguruan tinggi, para mahasiswa baru akan mengikuti Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB).

Dosen Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret (UNS) Fadjri Kirana Anggarani menerangkan, alasan mahasiswa baru harus mengikuti program pengenalan kampus, dampak negatif, hingga tips bagi mahasiswa baru saat mengikuti PKKMB online.

Dilansir dari akun Instagram resmi UNS, Minggu (15/8/2021), PKKMB merupakan sarana bagi pihak perguruan tinggi untuk memperkenalkan dunia kampus kepada mahasiswa baru melalui berbagai kegiatan pada awal tahun masa perkuliahan setelah resmi diterima sebagai mahasiswa.

Baca juga: Peneliti UGM Kembangkan Susu Fermentasi Bisa Turunkan Kolesterol

Pentingnya PKKMB dilakukan

Menurut Fadjri Kirana Anggarani, momen PKKMB penting diberikan kepada mahasiswa baru supaya mereka bisa mengenal dengan baik seluk beluk kehidupan kampus.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Akan ditemui banyak perbedaan dengan kehidupan sebelumnya saat masih menjadi siswa SMP atau SMA," jelas Fadjri Kirana Anggarani.

Dia menerangkan, dengan pemahaman yang baik, proses adaptasi akan berjalan lebih mudah dan mereka siap untuk membuat perencanaan studi.

Namun karena adanya pandemi Covid-19, dua tahun berturut-turut, PKKMB harus dilakukan secara daring.

Euforia yang dirasaan tentu berbeda dengan pelaksaaan PKKMB secara langsung. Kreativitas dan inovasi menjadi poin penting untuk mewujudkan PKKMB daring yang sukses.

Baca juga: Siswa, Ketahui 3 Fakta Menarik Alat Musik Angklung

Tips pelaksanaan PKKMB daring

Fadjri Kirana Anggarani mengungkapkan, ada beberapa kiat dalam pelaksanaan PKKMB, antara lain:

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.