Kompas.com - 14/09/2021, 14:40 WIB
Mahasiswa Teknik Geodesi Institut Teknologi Nasional (Itenas) Bandung, Bintang Putra Damaryani menyelesaikan sidang skripsi dalam kondisi terpapar Covid-19. Tangkap layar Instagram @bintangpedeMahasiswa Teknik Geodesi Institut Teknologi Nasional (Itenas) Bandung, Bintang Putra Damaryani menyelesaikan sidang skripsi dalam kondisi terpapar Covid-19.
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Ada banyak hikmah yang bisa dipetik dengan adanya pandemi Covid-19. Termasuk bagi dunia pendidikan di Indonesia.

Baik siswa dan mahasiswa tetap harus berjuang menyelesaikan pendidikan dalam kondisi tidak seperti biasanya karena pembelajaran terpaksa dilakukan secara online. 

Seperti yang dialami mahasiswa Teknik Geodesi Institut Teknologi Nasional (Itenas) Bandung, Bintang Putra Damaryani.

Di tengah usahanya menyelesaikan studi, Bintang dinyatakan positif Covid-19 tepat sehari sebelum jadwal sidang skripsinya.

Baca juga: Penerimaan Calon Perwira Prajurit Karier TNI 2021 Dibuka bagi D4-S1, Ini Infonya

Ikuti sidang skripsi saat terpapar Covid-19

Namun Bintang tidak menyerah begitu saja dan tetap mengikuti sidang skripsi di ruang isolasi bagi pasien positif Covid-19. Meski sulit dan berat, Bintang akhirnya berhasil melalui sidang skripsinya dengan lancar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Perjuangannya ini dibagikan di akun Instagram pribadinya @bintangpede. Pemuda asal Bekasi, Jawa Barat ini awalnya sempat disarankan untuk menunda sidang oleh dosen pembimbingnya.

Postingan Bintang di akun Instagramnya, Jumat (10/9/2021) silam banyak mendapat dukungan dari netizen. Banyak pula komentar yang terinspirasi dengan perjuangan Bintang dalam menyelesaikan studinya.

Bintang menolak untuk menunda sidang skripsi demi menepati janjinya kepada orangtua akan menyelesaikan skripsi secepat mungkin. Terlebih, orangtua Bintang juga tidak mengetahui jika dia dinyatakan positif Covid-19 karena dia tidak tinggal bersama orangtuanya. Selain itu Bintang juga tidak ingin membuat orangtuanya khawatir dengan kondisinya.

"Awalnya saya ragu untuk melaksanakan ujian. Karena dinyatakan positif Covid-19 pada H-1 ujian," kata Bintang seperti dikutip dari postingannya di Instagram, Selasa (14/9/2021).

Baca juga: Akademisi UGM: Kualitas Penyiaran Televisi Swasta Alami Penurunan

Demi tepati janji kepada orangtua

Janjinya kepada kedua orangtua untuk menyelesaikan skripsi secepatnya menjadi semangat Bintang untuk tetap menjalankan sidang skripsi. Meski Bintang sedang berjuang melawan virus corona dalam tubuhnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.