Kompas.com - 19/09/2021, 20:32 WIB
|

KOMPAS.com - Dunia politik menjadi isu hangat yang selalu muncul di pemberitaan media. Namun bagi orang yang tidak tertarik, tentu dunia politik dianggap memusingkan.

Dunia politik ini selalu menarik minat orang, baik terjun langsung menjadi politikus ataupun menjadi seorang pengamat politik.

Bagi kamu yang ingin terjun mendalami dunia politik, jurusan Ilmu Politik bisa menjadi pilihan. Melansir dari laman Ruang Guru, Minggu (19/9/2021), Ilmu Politik ternyata merupakan ilmu sosial tertua di dunia.

Gagasan-gagasan mengenai bernegara sudah berkembang seiring dengan lahirnya negara itu sendiri. Sebagai disiplin ilmu sosial tertua, gagasan tentang bernegara sudah banyak dikembangkan oleh para filsuf sejak masa Yunani Kuno, tepatnya tahun 450 sebelum masehi, oleh para pemikir seperti Plato, Socrates, dan Aristoteles.

Baca juga: JX-Express Buka Lowongan Kerja bagi Lulusan D3-S1, Simak Syaratnya

Pengertian ilmu politik

Seiring berjalannya waktu, aspek yang akan kamu pelajari di studi ilmu politik pun meluas. Belajar politik tak hanya belajar tentang bentuk negara, tetapi juga masyarakat beserta kepentingan di dalamnya.

Mulai dari gender, politik identitas, hubungan antara negara dan agama, dan masih banyak lagi.

Ilmu politik adalah cabang dari ilmu sosial yang mempelajari tentang teori dan praktik politik, termasuk deskripsi dan analisis sistem politik serta perilaku politik.

Politik sendiri dapat diartikan sebagai segala upaya untuk mencapai kehidupan yang lebih baik. Aristoteles dan Pluto menyebutnya dengan en dam onia atau the good life (kehidupan yang baik).

Jika kamu memilih jurusan Ilmu Politik, kamu akan dibekali dengan banyak teori dan praktik politik. Kamu akan belajar teori berbagai macam sistem politik yang ada di Indonesia bahkan dunia. Selain itu, kamu juga akan sering melakukan riset dan harus terus bersikap kritis.

Baca juga: Sampoerna Buka Lowongan Kerja dan Program Magang bagi Lulusan S1

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.