Kompas.com - 25/09/2021, 13:28 WIB
Ilustrasi sesak napas. FREEPIK/JCOMPIlustrasi sesak napas.
|

KOMPAS.com - Seseorang mungkin pernah mengalami sesak napas. Adapun gejala sesak napas adalah pengalaman subjektif berupa ketidaknyamanan seseorang dalam bernapas.

Ini akibat tidak terpenuhinya pasokan oksigen ke paru-paru yang menyebabkan pernapasan menjadi cepat, pendek, dan dangkal.

Terkait sesak napas, Tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengadakan sosialisasi penanganan pertama sesak napas.

Baca juga: Sabun Kertas Berbahan Alami Ini Karya Mahasiswa UNS

Menurut Aisyah Dhiya Salma, salah satu mahasiswa tim KKN kelompok D1 dan D4, sosialisasi dilakukan saat kegiatan vaksinasi di FK UNS.

"Sosialisasinya dilakukan saat peserta sedang menunggu untuk dipanggil masuk ke auditorium atau yang sedang melakukan observasi KIPI," ujarnya dikutip dari laman UNS, Jumat (24/9/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Media yang digunakan dalam melakukan sosialisasi ini berupa banner dan power point yang ditayangkan di LCD dan TV.

Sedang isi materi sosialisasi mengenai sesak napas ini berisi definisi, klasifikasi, langkah yang dilakukan, dan ciri kondisi darurat saat mengalami sesak napas.

Dijelaskan, sesak napas merupakan salah satu gejala yang umumnya timbul pada penderita Covid-19. Oleh karena itu, penting bagi masyarakat memahami cara penanganan ketika seseorang terkena sesak napas.

Namun, masih ditemukan beberapa masyarakat ketika mengalami sesak napas, justru cenderung panik, bingung atau bahkan menganggap hal tersebut biasa saja.

Baca juga: Webinar FK UNS Bahas Covid-19 dari A-Z

Hal tersebut mungkin dapat terjadi karena kurangnya penyuluhan mengenai apa yang harus di lakukan jika mengalami gejala di era covid ini.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.