Kompas.com - 27/09/2021, 09:51 WIB
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Siapa tak kenal buah durian? Meski memiliki bau menyengat namun buah yang satu ini memiliki banyak penggemar.

Banyak literatur menerangkan bahwa durian mempunyai kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Namun dengan catatan, mengonsumsi durian dalam jumlah yang tidak berlebihan.

Dengan memanfaatkan kandungan durian, mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Brawijaya (UB) mempunyai ide yang luar biasa unik.

Baca juga: Berjalan Aman dan Efektif, 45.284 Sekolah Sudah Adakan PTM Terbatas

Krim antijerawat dari kulit durian

Mereka adalah Putri Ayu M, Nur Khasanah, Annindea Erza N, Dzurrotin Qurrota A, dan Dita Rahmaningtyas, Mereka punya gagasan dengan membuat krim antijerawat yang dikombinasikan dengan bahan dasar limbah kulit buah durian.

"Krim antijerawat berbahan dasar limbah kulit buah durian dinilai lebih efektif dengan daya hambat sebesar 18,1 mm dibandingkan produk di pasaran yang mengandung tree tea oil dengan daya hambat sebesar 15,8 mm," ungkap Nur Khasanah seperti dikutip dari laman Universitas Brawijaya, Minggu (26/9/2021).

Nur Khasanah menerangkan, selain didukung dengan kemampuan daya hambat yang tinggi, kulit buah durian juga memiliki senyawa antibakteri yang sangat bagus untuk kulit.

Kandungan senyawa kulit durian

Senyawa antibakteri dalam durian seperti:

1. Flavonoid

2. Saponin

3. Tannin

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.