Kompas.com - 17/10/2021, 05:27 WIB
Proyek PLTA Kayan. PLTA adalah salah satu energi terbarukan. istimewaProyek PLTA Kayan. PLTA adalah salah satu energi terbarukan.
|

KOMPAS.com - Salah satu kekayaan alam yang terkubur di Indonesia adalah sumber energi. Ada banyak sumber energi yang terpendam, seperti batu bara, minyak bumi, gas alam, dan juga biomassa.

Kini, energi tersebut digunakan sebagai sumber energi utama oleh masyarakat. Contohnya saja adalah minyak bumi yang diolah menjadi bahan bakar minyak (BBM).

Apabila kamu berangkat ke sekolah menggunakan transportasi umum, tentu bahan bakar yang digunakan oleh kendaraan umum itu berasal dari minyak bumi.

Baca juga: Siswa, Ini Macam dan Manfaat Vitamin bagi Tubuh

Tak hanya itu saja, listrik dari PLN juga masih mengandalkan batu bara sebagai pembangkit tenaga listrik.

Lalu, bagaimana jika energi tak terbarukan itu habis? Masih adakah energi terbarukan? Masih adakah energi alternatif?

Melansir laman Direktorat SMP Kemendikbud Ristek, berikut ini 4 contoh energi alternatif atau sumber energi terbarukan. Adapun informasi bagi siswa SMP yang sedang belajar mengenai energi alternatif.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Energi terbarukan merupakan sumber energi yang berasal dari sumber daya alam dan tidak akan habis karena terbentuk dari proses alam yang berkelanjutan.

Contoh dari energi terbarukan adalah seperti sinar matahari, angin, ombak, dan air.

1. Energi surya (sinar matahari)

Contoh pertama energi surya atau energi matahari adalah energi yang didapat dengan mengubah energi panas matahari melalui peralatan tertentu menjadi energi dalam bentuk lain.

Matahari merupakan sumber utama energi. Energi matahari dapat digunakan secara langsung maupun diubah ke bentuk energi lain.

Baca juga: Siswa, Yuk Menguak Sejarah Candi Kedulan dan Frustrasinya Raja

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.