Kompas.com - 16/10/2021, 15:50 WIB
Ilustrasi vitamin A sebagai vitamin yang larut dalam lemak. Selain vitamin A, vitamin E, vitamin D, dan vitamin K juga termasuk vitamin yang larut dalam lemak. Shutterstock/Evan LorneIlustrasi vitamin A sebagai vitamin yang larut dalam lemak. Selain vitamin A, vitamin E, vitamin D, dan vitamin K juga termasuk vitamin yang larut dalam lemak.
|

KOMPAS.com - Tubuh manusia tentu butuh nutrisi yang lengkap agar tetap sehat. Karenanya setiap orang harus mampu menjaga pola makan yang bergizi dan seimbang.

Terlebih vitamin juga penting bagi tubuh manusia. Ada banyak jenis vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Apakah siswa sekolah sudah paham?

Melansir laman Direktorat SMP Kemendikbud Ristek, ini aneka macam dan manfaat vitamin bagi tubuh manusia:

Vitamin A

Vitamin A berfungsi untuk menjaga kesehatan mata. Vitamin ini membantu mata untuk melihat dalam cahaya yang redup dan membedakan warna benda.

Baca juga: Siswa, Yuk Menguak Sejarah Candi Kedulan dan Frustrasinya Raja

Selain itu, vitamin A juga berperan dalam menjaga kesehatan kulit dan membantu sistem imun melawan infeksi. Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan penyakit rabun senja yang membuat penderitanya sulit melihat ketika malam hari atau dalam cahaya yang redup.

Kekurangan vitamin A juga bisa menyebabkan eratomalasia, yaitu kekeringan pada kornea mata.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Vitamin B

Terdapat 8 jenis vitamin B dengan fungsi yang berbeda-beda, yaitu:

  • Vitamin B1 yang berfungsi untuk membantu tubuh mengubah makanan menjadi energi, serta menjaga kesehatan kulit.
  • Vitamin B2 yang berfungsi untuk membantu tubuh menghasilkan energi dari makanan, serta membantu sel tubuh membakar lemak dan menjaga kesehatan kulit.
  • Vitamin B3 (niacin) yang berfungsi untuk membantu sel-sel tubuh mengubah makanan menjadi energi, serta menjaga kesehatan kulit.
  • Vitamin B5 (pantothenic acid) yang berfungsi untuk membantu sel tubuh memproduksi asam lemak dan hormon.
  • Vitamin B6 yang berfungsi untuk membantu tubuh dalam menggunakan dan memproses cadangan gula menjadi energi, serta membantu produksi sel darah merah.
  • Vitamin B7 (biotin) yang berfungsi untuk membantu produksi asam lemak dan asam amino ketika dibutuhkan oleh tubuh.
  • Vitamin B9 (asam folat) yang berperan penting dalam proses pembelahan sel, terutama pada ibu hamil, sehingga dapat meminimalkan resiko terjadinya kelainan bawaan pada janin.
  • Vitamin B12 yang berfungsi untuk membantu pembentukan sel darah merah, serta memelihara fungsi saraf.

Kekurangan vitamin B dapat menyebabkan terganggunya berbagai proses metabolisme. Selain itu, penyakit yang dapat timbul akibat kekurangan vitamin ini adalah beri-beri, dermatitis, diare, dan anemia.

Baca juga: Minum Vitamin Harus Sesuai Dosis, Begini Penjelasan Pakar UNS

Vitamin C

Vitamin C atau ascorbic acid dibutuhkan tubuh untuk memproduksi kolagen. Kolagen sendiri merupakan salah satu serat protein yang berperan dalam menjaga kekenyalan kulit, membantu penyembuhan luka, serta memperkuat pembuluh darah.

Selain itu, vitamin ini juga berperan dalam produksi norepinefrin dan serotonin, yaitu zat kimia otak (neurotransmitter) yang berfungsi untuk mengirim sinyal antar saraf.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.