Kompas.com - 01/11/2021, 12:17 WIB
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Setelah lebih dari 1,5 tahun mengikuti pembelajaran jarak jauh (PJJ), siswa di semua jenjang secara bertahap diperbolehkan kembali belajar di sekolah.

Hal ini menjadi angin segar baik bagi siswa maupun guru. Siswa tidak merasa bosan dengan rutinitas belajar di rumah. Sementara guru juga bisa menyampaikan materi secara langsung di hadapan anak didiknya.

Namun para siswa tentu harus melewati masa transisi dari yang biasa mengikuti pembelajaran di rumah, sekarang mulai membiasakan diri dengan belajar di ruang kelas.

Merangkum dari akun Instagram Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), Senin (1/11/2021), ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memulihkan semangat siswa dalam menyambut pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas.

Baca juga: Dosen Unej Masuk 58 Ilmuwan Indonesia Paling Berpengaruh di Dunia

Cara pulihkan semangat siswa sambut ptm terbatas

1. Dengarkan pengalaman anak selama pandemi

Dorong anak-anak untuk mengekspresikan dan mengeksplorasi pengalaman mereka selama pandemi Covid-19. Pastikan anak-anak dihargai, didengarkan dan terjaga kesehatan emosionalnya.

2. Gunakan metode pembelajaran yang menarik

Guru dapat mendongeng dengan cerita yang mengandung motivasi belajar, ketangguhan maupun karakter-karakter positif lainnya.

Terapkan metode karya wisata. Bukan berarti anak dibawa ke tempat wisaya yang jauh. Tetapi dapat dengan memanfaatkan lingkungan yang ada di sekitar sekolah.

Baca juga: Aneka Gas Industri Buka Lowongan Kerja Lulusan S1, Ini Syaratnya

3. Desain lingkungan belajar yang menarik

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.