Kompas.com - 01/11/2021, 19:00 WIB
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Melakukan penelitian menjadi sebuah budaya yang harus dilakukan para akademisi di lingkungan perguruan tinggi.

Namun terlibat sebuah penelitian tentu perlu proses dan usaha. Perjuangan tersebut terbayarkan ketika hasil penelitian bisa memenangkan sebuah kompetisi atau mendapat pendanaan dari pemerintah atau instansi lainnya.

Agar hasil penelitian sukses, seorang peneliti harus memiliki strategi tepat dalam proses pelaksanaan penelitiannya.

Hal ini disampaikan Prof. Arif Muntasa dan Assoc Prof. Wahyudi Agustiono, Guru Besar dan Dosen Universitas Trunojoyo Madura dalam webinar yang diadakan Komunitas Sevima.

Baca juga: Ingin Jadi Jurnalis? Ini Tipsnya dari Wartawan Asal Jerman

Menurut Prof. Arif Muntasa dalam melakukan penelitian juga perlu memiliki passion (semangat) dan tekad yang kuat melakukan sebuah penelitian.

"Kalau bisa dibilang passion ini seperti istilah bonek. Yang mana keinginan yang kuat harus disertai dengan usaha maksimal," ujar Prof. Arif seperti dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (1/11/2021).

Ada beberapa hal yang harus direncanakan agar bisa sukses meneliti dan dapat hibah penelitian. Cara yang bisa dilakukan antara lain:

1. Cari ide segar yang bermanfaat

Arif mengungapkan, sebuah penelitian membutuhkan sebuah ide yang segar dan cemerlang. Ide yang dijabarkan harus benar-benar fresh dan tahu arah serta tujuan dari ide yang akan dijalankan.

Baca juga: Gagas Ekstrak Kulit Mangga Cegah Korosi, Mahasiswa ITS Juara di Taiwan

Peneliti harus jelas ketika membuat input yang akan dimasukkan dalam proses penelitian tersebut.

Pastikan berapa lama jangka waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan proyek penelitian. Setelah bisa memetakan proses pelaksanaan proyek, perlu memikirkan ekspektasi yang akan muncul ketika hasil penelitian diketahui dan digunakan banyak orang.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.