Kompas.com - 15/11/2021, 11:05 WIB
Ilustrasi Anak Belajar Matematika (Shutterstock) Ilustrasi Anak Belajar Matematika (Shutterstock)

KOMPAS.com - Memiliki anak yang tumbuh cerdas bisa menjadi salah satu kebanggaan orangtua. Namun, orangtua perlu memahami bahwa kecerdasan tak hanya bisa diukur dari nilai ujian di sekolah.

Manusia sendiri memiliki kecerdasan yang terbagi menjadi delapan yaitu, linguistik-verbal, logika-matematis, visual spasial, kinestetik, musikal, interpersonal, intrapersonal, dan naturalis.

Dari beragam kecerdasan tersebut, anak bisa menonjolkan kecerdasan dalam beberapa bidang sekaligus, dan tidak terlalu menonjol dalam bidang lainnya, hal inilah yang membuat setiap anak unik.

Agar beragam jenis kecerdasan berkembang optimal dalam diri anak, ada beberapa cara lainnya yang bisa membuat anak lebih cerdas, yang tak cukup bila diasah dengan belajar akademis saja.

Baca juga: Orangtua, Ini Dampak Bila Sering Memarahi Anak Saat Belajar

Melansir laman Sekolah BPK Penabur, berikut 5 cara yang bisa dilakukan orangtua untuk meningkatkan kecerdasan anak dalam beragam bidang, selain belajar akademis:

1. Ikutkan anak bermain musik

Meski orangtua tidak ingin anak bercita-cita menjadi seorang musisi, tetapi pelajaran musik terbukti dapat meningkatkan IQ.

Dilansir dari jurnal dengan judul Music Lessons Enhance IQ, anak anak dalam kelompok musik menunjukkan peningkatan IQ skala penuh yang lebih besar, dibandingkan dengan anak yang berada di kelompok kontrol.

Efeknya relatif kecil, namun bila digeneralisasikan di seluruh sub-tes IQ, skor indeks, dan ukuran standar pencapaian akademik, peningkatan terjadi lebih besar.

Selain itu, banyak penelitian lainnya yang menunjukkan hubungan positif antara musik dan kesejahteraan mental.

Baca juga: 7 Tanda Anak Cerdas dan Berpotensi Punya IQ Tinggi

2. Aktif bergerak

Gaya hidup aktif tak hanya baik untuk kesehatan tubuh anak, namun juga kecerdasannya.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.