Kompas.com - 15/11/2021, 19:45 WIB
Bantuan kuota data internet gratis dari Kemendikbu Ristek 2021. KOMPAS.com/DANDY BAYU BRAMASTABantuan kuota data internet gratis dari Kemendikbu Ristek 2021.
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com- Bantuan kuota data internet bagi siswa, mahasiswa, guru dan dosen dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) kembali disalurkan.

Meski sebagian perguruan tinggi sudah mengadakan kuliah tatap muka terbatas namun bagi universitas yang belum bisa melaksanakan kuliah tatap muka, bantuan ini sangat membantu.

Seperti yang dirasakan dosen Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Muhammadiyah Klaten Rahmi Nurhaini. Dia mengatakan, sudah mendapatkan bantuan kuota data internet sebesar 15 gigabyte untuk bulan November 2021.

Bahkan bantuan kuota data internet dari Kemendikbud Ristek sudah ia peroleh sejak tahun 2020.

Baca juga: Ingin Tubuh Ideal? Ini Cara Diet yang Benar dari Dosen Unesa

Peroleh bantuan kuoa data internet sejak 2020

Dosen yang akrab disapa Ami ini mengaku, cukup terbantu dengan adanya bantuan kuota data internet dari Kemendikbud Ristek ini.

Pasalnya Stikes Muhammadiyah Klaten belum bisa mengadakan kuliah tatap muka. Sehingga perkuliahan masih dilakukan full secara daring.

"Belum kuliah tatap muka. Karena ada syarat perkuliahan tatap myuka harus mendapatkan persetujuan dari Kopertis terkait keamanan di daerah. Protokol kesehatan yang diterapkan seperti apa, jika ada temuan kasus positif langkahnya seperti apa penanganannya. Sejauh ini Stikes sudah disurvei tapi belum turun untuk izin PTM-nya," ungkap Ami kepada Kompas.com, Senin (14/11/2021).

Dosen Farmasi ini mengaku, karena masih menjalankan perkuliahan full daring, dia sangat terbantu dengan adanya bantuan kuota data internet ini.

Baca juga: Mahasiswa Itera Gagas Wastewater Reuse Solusi Mencegah Krisis Air

Namun karena bantuan kuota data internet yang diberikan sesuai provider yang digunakan penerima, Ami tidak bisa menggunakan bantuan tersebut secara optimal. Pasalnya sinyal provider yang ia pakai tidak terlalu bagus ketika digunakan di rumahnya. 

Padahal selama mengajar secara daring, Ami kadang memberikan materi ketika berada di rumah atau bisa juga di kampus. Saat berada di rumah, Ami terpaksa menggunakan internet dari provider lain yang dibeli secara mandiri.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.