Kompas.com - 21/11/2021, 14:58 WIB
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Upaya Universitas Padjadjaran (Unpad) dalam mewujudkan kampus berkelanjutan berdasarkan penilaian UI Greenmetric World University Rankings mendapatkan pengakuan.

Unpad berhasil meraih poin Trees Rating UI Greenmetric sebesar 3,5 pada tahun 2021 ini. Pengumuman poin Trees Rating UI Greenmetric World University Rankings dilakukan secara virtual dalam rapat asesmen yang digelar Jumat (19/11/2021).

Dalam kesempatan tersebut, sertifikat penghargaan diberikan secara simbolis oleh perwakilan asesor UI Greenmetric untuk Unpad Prof. Gunawan Tjahjono.

Baca juga: Mahasiswa UM Surabaya Bikin Mie Instan Sehat dari Daun Kelor

Indikator trees rating

Trees rating merupakan salah satu layanan baru yang dilakukan UI Greenmetric dalam melakukan audit secara komprehensif untuk mengevaluasi capaian perguruan tinggi dalam menerapkan keberlanjutan.

Penilaian trees rating mengacu pada enam indikator, yaitu:

  • Setting and infrastructure
  • Energy and climate change
  • Waste management
  • Water
  • Education and research
  • Transportation.

Baca juga: Bantu Tangani Kekerasan Seksual, Mahasiswa Unair Ciptakan Aplikasi Ini

Kampus ujung tombak perubahan

Prof. Gunawan menjelaskan, pihaknya mengapresiasi atas perkembangan Unpad dalam menjaga lingkungan yang mampu membawa sivitas akademika ke arah kehidupan yang berkelanjutan.

"Kampus adalah ujung tombak perubahan. Dengan berubahnya sivitas akademika, lingkungan sekitarnya pun akan terbawa. Kami sangat bangga dengan temuan Unpad selama ini," ujar Prof. Gunawan seperti dikutip dari laman Unpad, Sabtu (20/11/2021).

Asesor UI Greenmetric untuk Unpad Kharisun menerangkan, berdasarkan hasil evaluasi, Unpad memiliki prestasi cukup baik dalam mengembangkan pembangunan berkelanjutan di lingkungan kampus.

Hal ini sangat baik untuk membawa pengaruh positif di masyarakat. Berdasarkan hasil diskusi yang dilakukan, Kharisun mengapresiasi berbagai inisiatif Unpad untuk memanfaatkan energi terbarukan dari beragam potensi alam yang ada di wilayah kampus. Hal ini sangat baik untuk mengurangi penggunaan listrik di kampus Unpad.

"Kalau kita lihat, penggunaan listrik masih cukup tinggi dari Unpad," jelasnya.

Baca juga: Teleskop Robotik Pemantau Bulan Internasional Itera Mulai Beroperasi

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.