Kompas.com - 21/11/2021, 15:08 WIB
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS. com - Sosialisasi Peraturan Presiden Nomor 86 Tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional (Perpres DBON) yang diselenggarakan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Menpora) mendapat respons positif dan dukungan dari berbagai stakeholder.

Dua di antaranya datang dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan Universitas Negeri Surabaya (Unesa).

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyambut baik dan mendukung implementasi DBON sebagai upaya peningkatan prestasi olahraga nasional.

Ia menerangkan, Jawa Timur tengah melakukan identifikasi cabor-cabor olimpiade guna melakukan penguatan untuk para atlet dan pelatih.

Baca juga: Inovasi Mahasiswa UNY Basmi Tungau di Jamur Kuping dengan Biji Sirsak

Siapkan pusat pembibitan atlet cabor olimpiade

Salah satu cabor unggulan Jatim adalah panahan yang selama sepuluh kali penyelenggaraan PON selalu menjadi juara umum.

Hal itu merupakan potensi yang luar biasa bahkan bisa menjadi cabor unggulan Indonesia di ajang olahraga internasional. Selain itu, Jatim juga menyiapkan tempat pembibitan bagi atlet cabor-cabor olimpiade.

"Kami sudah punya lahan, sudah kami siapkan, tinggal nanti dipusatkan di mana untuk cabor ini dan di mana untuk cabor itu," kata Khofifah seperti dikutip dari laman Unesa, Sabtu (20/11/2021).

Khofifah percaya, talenta olahraga Jawa Timur sangat melimpah dan bisa mencatatkan rekor dan prestasi terbaik di tingkat olimpiade atau paralimpiade.

"Ini adalah soalisasi yang strategis dan positif baik bagi atletnya, pelatihnya dan prestasi olahraga nasional tentunya," ujarnya.

Baca juga: Teleskop Robotik Pemantau Bulan Internasional Itera Mulai Beroperasi

Rencanakan lab anti-doping

Rektor Unesa Prof. Nurhasan mengungkapkan, pihaknya sejak awal sudah mendukung penuh kesuksesan rancangan bahkan hingga implementasi DBON. Pihaknya sudah menyiapkan semuanya, SDM hingga sarpras.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.