Kompas.com - 29/11/2021, 18:19 WIB
Ilustrasi blackdovfxIlustrasi
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Semakin maju perkembangan zaman, seseorang dengan kemampuan di bidang teknologi dan informasi sangat dibutuhkan di dunia kerja.

Jurusan yang berkaitan dengan teknologi informasi pun makin diminati calon mahasiswa. Pengetahuan di bidang teknologi informasi akan memudahkan seseorang yang mendalami bidang ilmu itu bisa memahami berbagai teknologi baru yang ada di dunia ini.

Salah satu jurusan populer di bidang teknologi informasi adalah Computer Science. Computer Science merupakan ilmu yang mempelajari tentang komputer dan sistem komputasi.

Orang yang bergelut di bidang ini biasanya melakukan proses interaksi dengan data yang kemudian disajikan ke dalam format program.

Baca juga: Orangtua, Ini Tips Mengenalkan Pola Hidup Bersih dan Sehat Sejak Dini

Merangkum dari laman Universitas Bina Nusantara (Binus), Senin (29/11/2021), selama kuliah, mahasiswa jurusan ini akan belajar banyak hal. Mulai dari rekayasa perangkat lunak, pemrograman sistem, digitalisasi, AI, jaringan komputer, analisis numerik, desain dan analisa algoritma.

Serta beberapa hal lain yang belum tentu bisa dipelajari di jurusan serupa. Berbagai ilmu yang dipelajari selama kuliah ini yang membuat lulusan Computer Science banyak dibutuhkan.

Jika kamu tertarik menekuni Computer Science, ada beberapa hal menarik tentang bidang keilmuan ini yang membuat banyak orang terpikat. Yuk simak bersama ulasannya.

1. Computer Science bisa memprediksi masa depan

Ketika memilih jurusan ini, mahasiswa mengenal kemampuan mengolah data. Dalam prosesnya, pengolahan data melibatkan banyak hal dan informasi sehingga bisa menghasilkan prediksi-prediksi akurat.

Baca juga: Pakar UM Surabaya: Tembakau Efektif sebagai Larvasida Nyamuk Aedes

Seperti potensi letusan gunung berapi, populasi penduduk di sebuah negara, atau tinggi rendahnya angka kematian di sebuah tempat.

Prediksi semacam ini jelas menarik karena informasi tersebut dapat dimanfaatkan untuk membuat teknologi yang benar-benar dibutuhkan nantinya. Inilah alasan dalam penerapannya, Ilmu Komputer banyak dimanfaatkan dalam berbagai bidang mulai dari pendidikan, kesehatan, ekonomi, hingga manufaktur.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.