Kompas.com - 30/11/2021, 18:05 WIB
Pendaftaran KIP Kuliah https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/Pendaftaran KIP Kuliah
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Pemerintah terus berupaya agar semua generasi muda bisa mengenyam pendidikan hingga perguruan tinggi.

Salah satu program yang diluncurkan pemerintah agar siswa dari keluarga kurang mampu tetap bisa menempuh pendidikan di perguruan tinggi yakni program Kartu Indonesia Pintar (KIP).

Tahun 2021, banyak perguruan tinggi baik negeri maupun swasta yang menyediakan kuota bagi calon mahasiswa pemegang KIP Kuliah.

Baca juga: Ini 3 Tipe Komunikasi di Kelas, Kamu Termasuk yang Mana?

Penerima KIP Kuliah jangan jadi mahasiswa biasa-biasa saja

Kepala Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) Abdul Kahar berharap para mahasiswa penerima beasiswa KIP Kuliah bisa beradaptasi dengan kemajuan zaman.

"Jangan menjadi mahasiswa yang biasa-biasa saja. Tetapi harus menjadi mahasiswa yang siap menerima perubahan," kata Abdul Kahar saat memberikan pengarahan pada Pelatihan Motivasi dan Pengembangan Diri di Universitas Padjadjaran (Unpad) Training Center, Selasa (30/11/2021).

Menurut Abdul, seiring kemajuan teknologi, tidak ada lagi sekat yang membatasi mahasiswa untuk berprestasi. Memperoleh ilmu tidak hanya dari bangku perkuliahan. Namun, saat ini mahasiswa dapat melihat dunia luar dengan mudah karena dukungan teknologi.

Baca juga: Workshop Unesa Bagikan Tips Merintis Bisnis bagi Mahasiswa

Abdul memberi contoh, dalam kondisi pandemi Covid-19, meski hanya berada di rumah, mahasiswa dapat mengakses berbagai layanan perpustakaan tebaik di dunia sepanjang waktu.

"Karena itu, tidak ada bedanya antara mahasiswa Indonesia dengan mahasiswa asing. Bedanya hanya bagaimana kita bisa mempersiapkan diri dengan teknologi yang ada," ungkap Abdul.

Mahasiswa perlu memperkaya kemampuan diri

Di hadapan mahasiswa Unpad penerima KIP Kuliah, Abdul mendorong setiap mahasiswa untuk memperkaya kemampuan diri. Mahasiswa dapat memanfaatkan program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) sebagai ajang memperkaya diri. Program ini, lanjut Abdul, memiliki pola pikir yang paripurna.

"Kalau ilmu yang diteliti hanya satu, tidak akan cukup untuk bersaing. Harus bisa multidisiplin," beber Abdul.

Baca juga: Yuk Kenali 5 Hal Menarik dari Jurusan Computer Science

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.