Kompas.com - 03/12/2021, 17:27 WIB
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Siapa yang tak mengenal Abdurrahman Wahid atau akrab disapa dengan Gus Dur. Dia adalah Presiden Indonesia ke-4 periode 1999-2001.

Gus Dur menggantikan Preisden BJ Habibie setelah dipilih oleh Majelis Permusyawaratan Perwakilan (MPR) lewat hasil pemilu 1999.

Baca juga: 3 Perguruan Tinggi Tempat Kuliah BJ Habibie Beserta Jejak Kariernya

Kepemimpinan Gus Dur digantikan oleh Presiden Megawati Soekarnoputri setelah mandatnya dicabut oleh MPR.

Meski sudah tak ada di dunia, suami dari Sinta Nuriya ini merupakan sosok yang dikagumi oleh banyak kalangan khususnya kalangan Nahdlatul Ulama (NU).

Sebab, dia merupakan mantan Ketua Tanfidziyah (badan eksekutif) NU dan pendiri Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Terlebih, Gus Dur merupakan orang yang konsen pada pendidikan. Bayangkan saja, dia mengenyam bangku pendidikan mulai dari negara di Asia hingga Eropa.

Nah pendidikan apa saja yang pernah diemban oleh Gus Dur semasa masih hidup di dunia ini. Berikut Kompas.com merangkumnya, Jumat (3/12/2021).

Tempat Gus Dur mengenyam pendidikan

Tempat pendidikan Gus Dur sangat menarik, karena banyak negara yang pernah ditempatinya saat menimba ilmu, mulai dari Sekolah Dasar (SD) hingga bangku kuliah.

Baca juga: Pimpinan Perguruan Tinggi Harus Cetak Lulusan Jadi Pengusaha

1. Jenjang pendidikan Sekolah Dasar (SD)

Gus Dur yang lahir di Jombang pindah ke Jakarta di 1944, tempat ayahnya (K.H. Wahid Hasyim) terpilih menjadi Ketua pertama Partai Masyumi, sebuah organisasi yang berdiri dengan dukungan tentara Jepang yang saat itu menduduki Indonesia.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.