Kompas.com - 12/12/2021, 08:04 WIB
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) mengumumkan pemeringkatan Simkatmawa 2021.

Simkatmawa merupakan singkatan dari Sistem Informasi Manajemen Pemeringkatan Kemahasiswaan.

Pemeringkatan ini bertujuan untuk meningkatkan mutu institusi yang akan berbanding lurus dengan peningkatan mutu lulusannya.

Tahun 2021, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) berhasil meraih peringkat pertama nasional dalam Simkatmawa.

Baca juga: Dosen Unpad: Picu Penyakit Rongga Mulut, Ini Cara Bersihkan Plak Gigi

ITS peringkat pertama Simkatmawa

Peringkat pertama ini diberikan kepada ITS karena sinergi yang baik dari mahasiswanya, Direktorat Kemahasiswaan, dan ITS sebagai institusi.

Direktur Kemahasiswaan ITS Imam Abadi menjelaskan, Simkatmawa merupakan tolak ukur kinerja dari manajemen bidang kemahasiswaan. Pengukuran tersebut dimulai dari bagaimana perguruan tinggi mengatur kemahasiswaannya sampai manajemen kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler mahasiswa yang dibina oleh bidang kemahasiswaan ITS.

"Dalam pengukuran ini, terdapat empat macam indikator penilaian," kata Imam seperti dikutip dari laman ITS, Sabtu (11/12/2021).

Indikator pertama dalam penilaian kegiatan ini adalah performa manajemen institusi. Dalam hal ini, performa dinilai dari bagaimana ITS memberikan payung hukum, pendanaan, dan pembinaan kepada kegiatan kemahasiswaan.

Baca juga: Webinar UNS Bagikan Tips Membuat CV yang Menarik di Mata Rekruter

Indikator Simkatmawa

Menurut Imam, indikator ini berhasil memperoleh nilai yang baik berkat Peraturan Rektor (Perek) ITS yang mewajibkan berbagai hal seperti Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Satuan Kredit Ekstrakurikuler Mahasiswa (SKEM), dan peraturan lainnya.

Indikator kedua berpedoman kepada performa pelaksanaan kegiatan MBKM. Dalam kegiatan tersebut terdiri dari magang, pertukaran pelajar, kewirausahaan, dan lain sebagainya. ITS telah berulang kali berkontribusi dengan cara pengabdian masyarakat, diselenggarakannya riset oleh dosen dan mahasiswa, dan lain sebagainya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.