Kompas.com - 02/01/2022, 19:31 WIB
|

KOMPAS.com - Terkadang, orangtua tak bisa mengontrol emosinya. Lebih parahnya lagi, anak menjadi pelampiasan emosi orangtua. Bisa dengan berkata kasar hingga memukul anak.

Namun hal ini sebenarnya tidak boleh, bagaimanapun Ayah, Bunda atau orangtua harus mampu mengelola emosi dengan benar dalam mengasuh anak, karena semua hal itu akan berdampak pada proses tumbuh kembang mereka.

Kata-kata kasar yang ia dengar, bisa saja anak akan tiru dikemudian hari. Begitupun dengan tindakan kekerasan. Apapun yang Ayah Bunda lakukan tidak menutup kemungkinan akan dilakukan juga oleh anak dalam kehidupannya.

Baca juga: Stikes Panti Kosala: Begini Cara Melatih Otak Kanan dan Kiri Anak

Oleh karena itu ada beberapa hal yang harus dihindari. Melansir laman Ruang Guru PAUD Kemendikbud Ristek, berikut yang harus dihindari:

1. Hindari kata-kata yang memancing amarah, menghina, atau mengejek.

Ayah dan Bunda, memilih kata-kata yang baik akan membantu kita meredam emosi negatif kita. Sebaliknya, jika kita mengucapkan kata-kata yang buruk, maka emosi negatif kita akan semakin besar. Jadi, sebisa mungkin perilaku ini dihindari.

2. Melakukan kekerasan fisik yang membahayakan keselamatan orang lain.

Ayah dan Bunda, kekerasan fisik kemungkinan besar akan melukai fisik dan mental anak. Jadi, sebaiknya perilaku ini dihindari. Jika selama ini Ayah dan Bunda sudah terlanjur melakukannya, maka segera hentikan.

Minta maaflah kepada anak dan katakan bahwa cara Ayah dan Bunda menyalurkan rasa marah dengan melakukan kekerasan fisik bukan sesuatu yang tepat. Kemudian menjauh dari anak agar Ayah dan Bunda dapat menenangkan diri sebentar sampai rasa marah itu reda.

Baca juga: Bunda, Ini Lho Ciri-ciri Alat Permainan Anak yang Aman

Kemudian ketika anak marah, apa yang bisa kita lakukan agar kita bisa tetap tenang? Berikut beberapa 7 tips yang dapat dilakukan saat menghadapi amarah anak:

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.