Kompas.com - 11/01/2022, 11:51 WIB

KOMPAS.com - Institut Teknologi Bandung (ITB) menggelar Open House Pendidikan ITB 2022 secara hybrid dan virtual di tiga kampus, yakni Kampus Ganesha, Jatinangor, dan Cirebon, pada pekan lalu (7-9/1/2022).

Dalam open house, ITB memperkenalkan kampus baru yaitu ITB Kampus Cirebon yang berlokasi di Jalan Arjawinangun dan Jalan Watubelah.

Presentasi pengenalan Kampus Cirebon atau kampus yang kerap dijuluki sebagai kampus “bungsu” ITB itu dibawakan oleh Ketua Tim Pengelola Penyelenggaraan Program ITB Kampus Cirebon, Iwan Kustiwa.

Ia menjelaskan, penyelenggaraan kegiatan akademik di kampus Cirebon sudah dilakukan sejak 2016 untuk tiga program studi, yakni Kriya, Perencanaan Wilayah Kota, dan Teknik Industri.

Baca juga: Biaya Kuliah S1 Kedokteran di UI, UGM, Undip, Unpad, Unair

Pada 2020, empat program studi diputuskan untuk diadakan di sana, yaitu Teknik Geofisika, Teknik Pertambangan, Teknik Perminyakan dan Oseanografi.

Perkuliahan masih berlangsung di Kampus Jatinangor sebagai kelas paralel, tetapi pada 2022 akan dilaksanakan kegiatan mengajar langsung di Kampus tersebut.

“Kampus Cirebon mempunyai potensi pengembangan wilayah melalui program studi yang dimasukkan ke kurikulum kampus. Ada kesetaraan antara ketiga kampus ITB, dan ada kekhasan yang penting dalam memenuhi relevansi dan keperluan wilayah yang dikembangkan,” ujar Iwan seperti dilansir dari laman ITB.

Perpindahan kegiatan akademik Kampus Cirebon dilakukan secara bertahap berdasarkan kapasitas dan kesiapan sarana tiap program studi.

Satu semester akan ada minimal satu program studi yang menyelenggarakan kegiatan belajar di sana dan bergantian di semester berikutnya.

Baca juga: Calon Mahasiswa, Lulusan dari 10 Jurusan Kuliah Ini Banyak Dicari 2025

Sesuai rencana yang telah dirancang, program Teknik Geofisika dan Oseanografi akan pindah pada semester 1 tahun akademik 2022/2023, diikuti oleh program Teknik Perminyakan dan Teknik Pertambangan pada semester berikutnya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.