Kompas.com - 17/01/2022, 10:28 WIB
|

KOMPAS.com - Di era yang serba canggih ini menuntut siswa untuk terus mengikuti perkembangan zaman. Apalagi dengan hadirnya internet dan media sosial.

Teknologi informasi sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat. Tidak mengenal usia, bahkan dari sejak balita hingga dewasa sudah dekat dengan dunia digital.

Namun, untuk memahami teknologi yang berkembang pesat merupakan tantangan yang tidak mudah. Oleh karena itu orangtua sebagai guru utama bagi anak-anak harus mampu mempelajari bagaimana memanfaatkankan teknologi dan perkembangan media sosial dengan bijak dan tidak salah pergaulan.

Baca juga: Siswa, Sarang Semut dari Papua Ini Tingginya Mencapai 5 Meter

Berbicara media sosial yang sudah menjadi kebutuhan masyarakat di era saat ini, ada 5 sikap yang harus dicermati dalam bersosial media.

Melansir laman Direktorat SD Kemendikbud Ristek, ini 4 tips bermedia sosial dan berinternet yang bijak bagi siswa.

1. Cerdas (hati-hati dalam berbagi)

Kini, informasi akan mudah menyebar dengan sangat cepat di berbagai media sosial. Kalau pengguna media sosial tidak berhati-hati, bisa-bisa akan terjebak dalam masalah dan tidak sedikit berakibat panjang.

Agar hal tersebut tidak terjadi, solusinya adalah pengguna internet perlu belajar cara berbagi dan mengetahui apa saja yang bisa dibagikan kepada orang, baik yang dikenal maupun tidak.

Pengguna internet tidak terkecuali orang tua harus memahami jenis informasi yang dapat dibagikan dan jenis informasi yang seharusnya dirahasiakan, atau hanya boleh diketahui oleh keluarga.

Kemudian berdiskusi bersama keluarga tentang apa yang bisa dilakukan oleh anak untuk memutuskan apa yang boleh dibagikan dan kepada siapa dia boleh membagikannya. Selain itu juga harus mempelajari cara memahami privasi dari berbagai perspektif.

Baca juga: Siswa, Yuk Kenali Istilah dalam Olahraga Lari

2. Jangan mudah tertipu

Penting untuk membantu anak-anak menyadari bahwa situasi dalam dunia online tidak selalu benar, asli, atau dapat dipercaya. Membedakan yang palsu atau fake sangatlah penting dalam keamanan bersosial media.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.