Kompas.com - 19/01/2022, 19:47 WIB

KOMPAS.com - Harmoni kebinekaan menjadi salah satu keunggulan Yayasan Perguruan Sultan Iskandar Muda (YPSIM) yang berlokasi di Kecamatan Medan Sunggal, Kota Medan.

Kepala Badan Standar Kurikulum, Asesmen, dan Perbukuan (BSKAP), Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), Anindito Aditomo mengunjungi sekolah tersebut pekan lalu.

Dalam kunjungannya, Anindito melihat praktik baik penerapan Profil Pelajar Pancasila di YPSIM dan mendorong parktik baik tersebut dapat berlangsung di masyarakat secara masif, berkelanjutan dan kian inovatif demi mewujudkan SDM unggul yang berkarakter Pancasila.

Pelajar Pancasila sendiri adalah perwujudan pelajar Indonesia yang memiliki semangat belajar sepanjang hayat, memiliki kompetensi global, dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

Baca juga: Orangtua, Ini Dampak Bila Sering Memarahi Anak Saat Belajar

Enam ciri utamanya, yaitu beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif.

Siswa hidup di tengah kebinekaan dengan rukun

Harmoni kebinekaan dalam suasana yang damai terasa ketika Anindito dan rombongan memasuki gedung sekolah yang berdiri sejak tahun 1987 di lahan seluas 1.500 meter persegi.

YPSIM menjadi salah satu lembaga pendidikan yang telah menerapkan nilai-nilai yang terkandung dalam Profil Pelajar Pancasila dengan baik sejak lama.

Kerja sama lintas budaya dan agama yang dikelola yayasan ini selama bertahun-tahun baik dalam skala lokal, nasional, maupun internasional juga menjadi bukti eksistensi sekolah tersebut.

Di lobi sekolah, terdapat hiasan pohon Mei Hwa (plum blossom) yang merupakan salah satu ornamen wajib pada perayaan Imlek.

Uniknya, bunga yang menjadi simbol kemakmuran, kesejahteraan, keberuntungan, dan kebahagiaan ini dibuat secara bergotong royong tidak hanya oleh para siswa dari etnis Tionghoa saja namun melibatkan seluruh siswa dari berbagai latar belakang budaya.

Baca juga: 7 Tanda Anak Cerdas dan Berpotensi Punya IQ Tinggi

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.