Kompas.com - 24/01/2022, 12:47 WIB

KOMPAS.com - Belakangan ini sejumlah sekolah terpaksa ditutup karena ditemukan kasus Covid-19. Tidak hanya pada tenaga pendidik atau guru, kasus positif Covid-19 juga terjadi pada siswa.

Oleh karena itu, vaksin Covid-19 bagi anak usia sekolah penting dilakukan. Hal ini bertujuan agar siswa di kelompok usia tertentu juga terlindungi dari paparan virus corona.

Namun sebelum divaksin, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan dipersiapkan. Salah satu hal penting adalah memastikan kondisi anak dalam keadaan sehat.

Dokter Spesialis Anak, Rumah Sakit Nasional Diponegoro (RSND) Universitas Diponegoro (Undip) Galuh Hardaningsih mengatakan, orangtua memiliki peran penting dalam menyukseskan vaksinasi bagi anak.

Baca juga: Beasiswa D3-S1 Kinobi 2022, Dapat Uang Pendidikan Rp 5 Juta

Vaksin menjadi perlindungan dari Covid-19

Pendampingan orangtua terhadap anak yang menjalani proses vaksinasi Covid-19 diperlukan untuk memudahkan petugas mengetahui kondisi kesehatan.

"Perlindungan untuk meminimalisir risiko bentuk sakit yang berat apabila terinfeksi Covid-19, antara dewasa dan anak adalah sama, yaitu memberikan vaksinasi," kata Galuh seperti dikutip dari laman Undip, Senin (24/1/2022).

Dia menerangkan, tujuan vaksinasi ini sebagai perlindungan awal jika secara tidak sengaja ada anak dengan infeksi Covid-19. Sehingga anak sudah memiliki tentara awal untuk menangkal infeksi tersebut.

Dengan vaksin, lanjut Galuh, jika anak terpapar Covid-19 maka gejalanya tidak akan berat. Perlindungan ini akan tetap diberikan pada anak karena anak juga memiliki risiko sama terpapar infeksi seperti pada orang dewasa.

"Dari semua jenis varian Covid-19 tidak memandang usia dan vaksinasi merupakan pilar utama untuk memberikan efek proteksi disamping prokes yang ketat," tutur Galuh Hardaningsih.

Baca juga: Dankos Farma Buka Lowongan Kerja bagi S1 Fresh Graduate, Ayo Daftar

Vaksin Covid-19 sudah melalui tahapan khusus

Galuh mengungkapkan, dalam menetapkan suatu obat baru atau vaksinasi baru memiliki tahapan-tahapan khusus. Awalnya memang diperuntukkan bagi golongan dewasa dan orang-orang dewasa yang memiliki risiko tinggi dengan kemungkinan terjadi komplikasi berat.

Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.