Kompas.com - 24/01/2022, 11:28 WIB
|

KOMPAS.com - Belajar sejarah bangsa Indonesia tentu tak ada habisnya. Apalagi berbicara mengenai Kerajaan Mataram Kuna. Berbagai penelitian telah dilakukan.

Seperti dilansir dari laman Balai Arkeologi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Kemendikbud Ristek, ada hasil penelitian mengenai pusat Kerajaan Mataram Kuno dan Kawasan Lereng Timur Merapi 2018.

Bagi siswa sekolah yang sedang belajar sejarah Kerajaan Mataram Kuno, ini penjelasan berikut letaknya.

Baca juga: Siswa, Ini Daftar Suku di Indonesia

Sejarah Kerajaan Mataram Kuno sudah cukup lama diketahui oleh masyarakat umum. Demikian juga wilayah kekuasaannya meliputi seluruh wilayah Provinsi Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan sebagian wilayah Provinsi Jawa Timur.

Sejarah kerajaan Mataram kuno

Kerajaan ini berkuasa antara abad VIII hingga X M dan diduga berpusat di poros Kedu-Prambanan. Hal ini didasarkan pada banyaknya tinggalan bangunan-bangunan monumental berupa candi-candi yang sangat megah di kawasan itu.

Poros Kedu-Prambanan adalah daerah antara wilayah Kabupaten Magelang khususnya sekitar Borobudur, dan Kabupaten Sleman khususnya sekitar Prambanan.

Di kawasan Kedu terdapat Candi Borobudur, Mendut, Pawon, Ngawen, dan masih banyak candi-candi lain di sekelilingnya.

Sedangkan di kawasan Prambanan terdapat Candi Prambanan (Lorojonggrang), Sewu, Plaosan, Sari, Kalasan, Sambisari, Kedulan dan candi-candi lainnya.

Banyaknya tinggalan candi-candi besar dan megah itu menunjukkan indikasi adanya kota besar pada masa itu. Paling tidak dengan banyaknya bangunan keagamaan tentu di sekitarnya terdapat komunitas yang menggunakan bangunan itu sebagai sarana ibadahnya.

Baca juga: Siswa, Ini Kehidupan Politik dan Raja Kerajaan Kutai

Sedangkan poros Kedu-Prambanan secara geografis berada di lereng barat dan selatan Gunung Merapi. Banyaknya tinggalan arkeologis di lereng barat dan selatan Gunung Merapi menunjukkan bahwa gunung itu kemungkinan sebagai pusat magis Kerajaan Mataram Kuno, sebagaimana Gunung Meru di India yang merupakan pusat magis kerajaan-kerajaan di India.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.