Kompas.com - 24/01/2022, 10:06 WIB
|

KOMPAS.com - Bangsa Indonesia dikenal dengan kekayaan alam dan budaya. Ketika berbicara suku, ada lebih dari 1.300 suku bangsa yang tesebar di seluruh wilayah Indonesia.

Bagi siswa sekolah yang sedang belajar mengenai suku bangsa di Indonesia, maka berikut ini akan dijelaskan daftar suku di Indonesia.

Melansir laman gramedia.com, setiap suku memiliki adat dan norma yang berbeda-berbeda. Meski demikian keberagaman tersebut tidak membuat bangsa terpecah-pecah.

Baca juga: Perbedaan Chef dan Koki, Siswa Sudah Tahu Belum?

Namun sebaliknya, keberagaman kemudian dapat menyatu untuk mencapai tujuan masyarakat yang adil dan makmur.

Pengertian suku bangsa

Suku bangsa merupakan golongan manusia yang mengidentifikasi dirinya dengan sesama berdasarkan garis keturunan merujuk pada ciri khas seperti budaya, bangsa, bahasa, agama dan perilaku.

Suku bangsa juga merupakan golongan sosial yang dibedakan dari golongan-golongan sosial lain, karena memiliki ciri-ciri yang paling mendasar dan umum berkaitan dengan asal usul, tempat asal, serta kebudayaannya.

Dalam definisi lain, Suku bangsa juga merupakan suku sosial yang khusus dan bersifat askriptif atau telah ada sejak lahir, serta memiliki corak yang sama seperti golongan umur serta jenis kelamin.

Adapun suku bangsa sendiri dapat dikelompokkan berdasarkan:

1. Suku bangsa campuran

Di mana di dalamnya terjadi percampuran antar ras yang mendiami satu Kawasan atau wilayah tertentu. Contohnya pada suku Peranakan yang merupakan percampuran antar ras Tionghoa dan Melayu.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.