Kompas.com - 26/01/2022, 15:05 WIB

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 mengharuskan anak menggunakan gawai sebagai salah satu media pembelajaran. Proses belajar jarak jauh yang diterapkan membuat anak lebih sering terpapar layar gawai seperti komputer, laptop, hingga handphone.

Bila tak diberi batasan, bahaya adiksi gawai berisiko dialami anak. Sehingga, dibutuhkan penggunaan gawai secara bijak selama pandemi Covid-19 supaya tidak menimbulkan ketergantungan gawai.

Memaksimalkan waktu luang anak dengan aktivitas yang bermanfaat dapat menjadi solusi menghindari adiksi gawai.

Salah satunya dengan mengajak anak untuk melakukan permainan tradisional. Cara inilah yang dilakukan sekelompok mahasiswa Universiats Negeri Yogyakarta (UNY) untuk mengurangi kecanduan gawai anak.

Baca juga: Mahasiswa S1 Butuh Biaya Kuliah? Beasiswa Cargill Beri Tunjangan Rp 35 Juta

Tim mahasiswa menginisiasi permainan tradisional Cinaboy-Sulamanda terintegrasi PIPATIC. Mereka adalah Dwi Agnes Setianingrum, Dian Anggraini dan Akhip Nugroho prodi pendidikan IPA, Furi Ningsih Sri Sukowati prodi pendidikan fisika serta Aerafatma Ahyaun Nisa prodi PGSD.

Manfaat permainan tradisional bagi anak

Menurut Dwi Agnes Setianingrum dalam setiap permainan tradisional terdapat nilai karakter yang muncul.

“Cinaboy atau Boy-boyan adalah permainan tradisional yang dapat mengembangkan karakter luhur bangsa, seperti kerja sama, kreatif, dan komunikatif,” kata Agnes seperti dilansir dari laman UNY.

Sedangkan Sulamanda mampu meningkatkan kemampuan komunikasi, kemampuan menyusun strategi yang baik, melepaskan emosi anak, dan melatih anak belajar berkelompok.

Untuk memberikan materi pelatihan Agnes menggunakan metode Whatsapp group, google meet, dan google drive.

Baca juga: 7 Tanda Anak Cerdas dan Berpotensi Punya IQ Tinggi

Dian Anggraini menambahkan, metode PIPATIC yang memakai konsep pelatihan sebagai metode pelaksanaan digunakan untuk menangani permasalahan perilaku dan kognisi agar sesuai dengan apa yang diinginkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.