Kompas.com - 28/01/2022, 15:00 WIB

KOMPAS.com - Pernahkah kamu memperhatikan ketika kucing melompat dari ketinggian ia tak terjatuh dan cedera? Ternyata, keberadaan kumis pada kucing yang membuat kucing memiliki kelebihan tersebut.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) dalam akun Instagram menjelaskan sejumlah fungsi kumis pada kucing.

"Pernah enggak, sih, #SahabatDikbud memperhatikan ketika kucing dapat masuk ke ruangan sempit, gelap, dan meloncat dari ketinggian tanpa terjatuh dan cedera? Ternyata itu karena kumisnya, lo!" tulis akun Instagram Kemendikbud Ristek.

Baca juga: 7 Tanda Anak Cerdas dan Berpotensi Punya IQ Tinggi

Berikut 4 (empat) manfaat kumis pada kucing yang perlu siswa tahu, terutama bila memelihara kucing di rumah:

1. Penyeimbang tubuh

Kucing dapat masuk ke ruangan sempit dan melompat ke tempat tinggi tanpa terjatuh dan cedera karena kumisnya terus menerus mengirimkan sinyal ke otak tentang posisi anggota tubuhnya.

2. Alat sensorik

Kucing memiliki mata besar tetapi rabun dekat. Itu mengapa, kesensitifan kumis pada kucing membuatnya berfungsi sebagai organ sensorik utama.

Sehingga, kumis pada kucing juga berfungsi sebagai alat sensorik penglihatan. Itu mengapa, hindari memotong kumis kucing.

Baca juga: Belajar dari Orangtua Jepang Cara Menanamkan Disiplin pada Anak

3. Ekspresi emosi

Selain terhubung dengan pembuluh darah dan saraf, kumis pada kucing juga terhubung dengan otot-otot yang dapat digerakkan.

Saat merasa terancam, kucing akan menarik kumisnya ke belakang moncongnya.

4. Perlindungan

Tak hanya terletak pada bibir atas kucing. Kumis juga tersebar di beberapa bagian tubuh seperti di atas mata, dagu, telinga, rahang dan kaki depan.

Kumis pada kucing akan mendeteksi saat ada bahaya, sehingga kucing dapat menghindar.

Baca juga: Orangtua, Ini Dampak Bila Sering Memarahi Anak Saat Belajar

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.