Kompas.com - 30/01/2022, 13:28 WIB

KOMPAS.com - Saat musim hujan, tubuh rentan terserang penyakit. Apalagi ketika cuaca cepat berubah, dari panas kemudian hujan. Kondisi ini bisa membuat siapa saja bisa terserang batuk, pilek hingga demam.

Siswa harus bisa menjaga daya tahan tubuh tetap fit agar tidak mudah terserang penyakit. Apalagi saat ini pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas sudah mulai diberlakukan.

Sehingga apabila siswa jatuh sakit tentu sangat rugi karena tidak bisa mengikuti PTM terbatas yang sudah wajib dilakukan.

Merangkum dari akun Instagram resmi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), Minggu (30/1/2022), ada beberapa tips untuk menjaga daya tahan tubuh di saat musim hujan. Kamu bisa mencoba tips ini agar tubuh tetap fit saat musim hujan dan tetap bisa rajin mengikuti PTM terbatas.

Baca juga: 7 Perguruan Tinggi Swasta di Pulau Jawa Ini Bisa Jadi Pilihan

Tips menjaga daya tahan tubuh saat musim hujan

1.Konsumsi makanan sehat

Konsumsi makanan yang mengandung berbagai vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh, seperti buah dan sayur. Kandungan fitonutrien dalam buah dan sayur dapat membantu melawan bakteri dan virus yang menyerang tubuh.

2. Rajin cuci tangan

Cara paling mudah untuk menjaga kesehatan tubuh selama musim hujan adalah dengan rajin mencuci tangan. Sebab banyak virus dan bakteri bermunculan.

Siapa saja bisa berpotensi terjangkit penyakit dari aktivitas sederhana seperti memegang susuran tangga dan kursi di tempat umum yang terpapar air hujan. Untuk mencegahnya, perlu rajin mencuci tangan setelah beraktivitas di luar rumah.

Baca juga: 4 Universitas Negeri di Malaysia dengan Biaya Pendidikan Terjangkau

3. Minum air putih yang cukup

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.