Kompas.com - 31/01/2022, 08:36 WIB
|

KOMPAS.com - Masyarakat di Indonesia tentu diwarnai berbagai keragaman. Tak hanya wilayah, suku bangsa, agama, budaya, tetapi juga adat istiadat yang berbeda-beda.

Perbedaan itu merupakan keberagaman Indonesia yang dapat dirangkai dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika. Semboyan Bhinneka Tunggal Ika berarti berbeda-beda tetapi tetap satu.

Karena jadi negara kepulauan dan faktor hadirnya negara lain ke wilayah Nusantara pada zaman dahulu, maka terjadilah perbedaan ras hingga diwariskan sampai saat ini.

Baca juga: Siswa, Ini Daftar Suku di Indonesia

Bagi siswa sekolah yang sedang belajar mengenai ras, berikut ini penjelasan macam-macam ras di Indonesia yang dilansir dari laman Ayo Guru Berbagi Kemendikbud Ristek.

Dalam Undang-undang Nomor 40 Tahun 2008 tentang Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis, menyebutkan bahwa ras adalah golongan bangsa berdasarkan ciri-ciri fisik dan garis keturunan.

Setiap manusia memiliki perbedaan ciri-ciri fisik seperti warna kulit, warna dan bentuk rambut, bentuk muka, ukuran badan, bentuk badan, bentuk dan warna mata serta ciri fisik yang lainnya.

Pengelompokan ras

Secara umum, ras manusia dapat dikelompokkan menjadi lima macam yaitu:

1. Negroid, yang berkulit hitam dan rambut keriting.

2. Mongoloid, yang berkulit kuning langsat, rambut kaku dan bermata sipit.

3. Kaukasoid, berkulit putih, mata biru dan rambut pirang.

Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.