Kompas.com - 31/01/2022, 17:30 WIB

KOMPAS.com - Selain kurikulum, keberhasilan mendidik anak berkebutuhan khusus dipengaruhi oleh kepekaan guru dalam melihat dan mengembangkan potensi anak didik.

Mengetahui dan memahami latar belakang, serta karakteristik pendidik atau guru yang tepat bagi anak-anak berkebutuhan khusus menjadi salah satu hal yang penting untuk diketahui oleh orang tua saat mendaftarkan anak di sekolah inklusi.

Kepala Pendidikan Inklusi Cikal, Husnul Chotimah menuturkan bahwa terdapat dua hal yang dapat dilihat dan diketahui oleh orangtua terkait kepekaan guru pendidikan anak berkebutuhan khusus.

Baca juga: 10 Kegiatan Sederhana untuk Melatih Motorik Halus Anak Usia Dini

1. Intensitas Guru dan murid dalam pembelajaran

Dalam pendidikan inklusi, proses belajar sebaiknya tidak hanya dilakukan dalam kelompok besar.

Sebagai sekolah inklusi, Sekolah Cikal pun mengadopsi penerapan akomodasi dan modifikasi kurikulum yang mendorong peningkatan dan intensitas interaksi dan komunikasi belajar anak.

“Dengan adanya akomodasi dan modifikasi kurikulum terdapat pula kelompok kecil atau secara individual. Dengan adanya interaksi guru dan murid yang intens, maka guru dapat memahami sikap belajar dan perilaku keseharian anak dengan baik,” ucap pendidik yang
akrab disapa Nuli ini dalam keterangan tertulis.

2. Kompetensi guru pendidikan berkebutuhan khusus

Cara kedua yang dapat dilakukan oleh orang tua adalah mengetahui dengan baik profil pendidik atau guru saat berkomunikasi dengan tim akademik di sekolah inklusi saat melakukan wawancara atau saat asesmen awal dijalankan.

Baca juga: Orangtua, Ini Dampak Bila Sering Memarahi Anak Saat Belajar

Menurut Nuli, kemampuan dan kompetensi pendidik di Pendidikan Inklusi Cikal telah tergolong baik dan cakap dalam memahami kebutuhan anak-anak dengan kebutuhan khusus.

“Salah satu bentuknya adalah guru dapat melakukan pengamatan dari ketahanan anak dalam beraktivitas. Apabila sudah tahu dan memahaminya, maka anak pun akan diarahkan ke kegiatan yang sesuai dengan minatnya,” papar Nuli.

Ia juga mengatakan, pendidik anak-anak berkebutuhan khusus baiknya telah melalui asesmen dan wawancara yang mendalam mengenai kompetensi guru dengan latar belakang universitas dalam maupun luar negeri, sehingga kompetensi guru yang telah melalui asesmen dikategorikan baik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.