Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Jurusan Kuliah untuk Anak IPS Paling Favorit

Kompas.com - 07/02/2022, 12:43 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Siswa SMA/sederajat yang mengambil jurusan IPS apakah merasa minder dengan anak IPA? Seharusnya kamu tidak boleh minder karena jurusan IPS juga cukup bergengsi.

Ada banyak jenis pekerjaan yang butuh lulusan dari jurusan IPS. Jadi, jurusan kuliah anak IPS juga cukup menjamin untuk masa depan cerah.

Sebenarnya, mau jurusan IPA atau IPS selama kamu bisa belajar tekun, memilih bidang keilmuan yang tepat, dan bekerja keras, maka jalan menuju kesuksesan bakal terbentang lebar.

Baca juga: Yuk Intip Prospek Kerja Ilmu Komunikasi

Secara khusus bagi para siswa atau lulusan IPS yang ingin kuliah dan masih bingung mau ambil jurusan apa, maka harus paham dulu jurusan kuliah untuk anak IPS yang paling favorit itu apa?

Jurusan kuliah untuk anak IPS

Melansir laman Quipper, Jumat (24/12/2021), berikut ini 7 jurusan kuliah untuk anak IPS yang paling favorit dan prospek kerjanya nanti:

Ilmu Komunikasi

Banyak diantara artis yang kuliah Jurusan Ilmu Komunikasi. Karena jurusan kuliah ini memiliki cakupan yang luas dan dapat diimplementasikan di berbagai jenis pekerjaan.

Di jurusan ini, kamu akan belajar tentang:

  • public speaking
  • fotografi
  • pembuatan iklan
  • keterampilan menulis
  • dan lain-lain

Setelah lulus, pekerjaan yang cukup bergengsi bagi Sarjana Ilmu Komunikasi misalnya public relation (PR) manager dan marketing manager. Atau bisa pula menjadi jurnalis.

Baca juga: Tertarik Jurusan Kuliah Ekonomi Pembangunan, Ini Prospek Kerjanya

Hubungan Internasional

Jurusan kuliah untuk anak IPS lainnya ialah Hubungan Internasional atau sering disingkat HI. Jurusan HI ini juga banyak diminati oleh anak-anak jurusan IPS karena dianggap menjanjikan prospek masa depan yang bagus.

Banyak profesi yang tergolong prestisius di mata masyarakat dan dijabat oleh para lulusan HI seperti diplomat, konsultan imigrasi, wartawan internasional, dan konsultan politik.

Selama kuliah di Jurusan HI, kamu akan diberikan materi yang tidak jauh-jauh dari hubungan internasional antar negara seperti:

  • hukum internasional
  • perdagangan luar negeri
  • dan lain sebagainya

Psikologi

Jika anak IPA ambil Jurusan Kedokteran, maka anak IPS juga ada Jurusan Psikologi. Sebab, setelah lulus S1, kamu bisa melanjutkan ke jenjang S2 profesi dan menjadi seorang psikolog untuk membuka praktik konsultasi secara mandiri.

Bagaimana kalau kamu hanya lulus S1 Psikologi saja? Kamu tidak perlu cemas karena kamu bisa bekerja sebagai staf HRD di perusahaan dari berbagai bidang industri.

Baca juga: 7 Jurusan Kuliah Favorit Anak IPS Berikut Prospek Kerjanya

Mulai dari pendidikan, kesehatan, pariwisata, manufaktur, dan lain-lain. Di jurusan ini, kamu bisa memilih konsentrasi ilmu Psikologi Industri, Klinis, Anak, dan Perkembangan.

Ilmu Hukum

Jika lulus dari jurusan ini, maka profesi sebagai pengacara atau lawyer akan terbuka dan juga menjanjikan pendapatan yang tinggi. Kalau kamu ingin berkarir sebagai pengacara, tentu saja harus menempuh pendidikan di Fakultas Hukum lebih dulu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com