Kompas.com - 07/02/2022, 11:29 WIB
|

KOMPAS.com - Kemerdekaan Indonesia diraih dengan tidak mudah. Sebelum diproklamasikan pada 17 Agustus 1945, butuh proses, waktu, dan adanya peristiwa besar.

Yakni diawali oleh upaya Sekutu menjatuhkan bom atom di Kota Hiroshima Jepang pada 6 Agustus 1945 serta Kota Nagasaki 3 hari kemudian. Akhirnya Kaisar Hirohito menyatakan menyerah tanpa syarat kepada Sekutu pada 15 Agustus 1945.

Bagi siswa sekolah yang sedang belajar proklamasi kemerdekaan Indonesia, apakah sudah paham peristiwa yang terjadi sebelum proklamasi kemerdekaan RI?

Baca juga: Siswa, Ini 5 Jenis Makanan Peningkat Imun Tubuh

Melansir laman kebudayaan.kemdikbud.go.id, sebelum bangsa Indonesia merdeka, ada peristiwa perumusan naskah proklamasi.

Soekarno Hatta menolak

Usai mendengar kabar Jepang menyerah kepada sekutu pada 15 Agustus 1945 dari siaran Radio BBC milik Inggris, golongan muda Indonesia kemudian mendesak Soekarno dan Hatta untuk segera memanfaatkan situasi dengan menyatakan proklamasi kemerdekaan.

Tetapi, Soekarno dan Hatta menolak karena belum ada pernyataan resmi dari pemerintah Jepang.

Golongan tua berpendapat agar menunggu sampai 24 Agustus, yakni tanggal yang ditetapkan Marsekal Terauchi untuk waktu kemerdekaan Indonesia.

Pada 15 Agustus 1945, para pemuda dibawah pimpinan Sukarni, Chairul Saleh, Wikana bersepakat untuk mengamankan dwitunggal bersama Ibu Fatmawati dan Guntur ke Rengasdengklok, dengan harapan agar mereka menuruti keinginan para pemuda.

Namun, sepanjang hari pada 16 Agustus 1945 itu, tidak tercapai kesepakatan apapun hingga sorenya, Ahmad Soebardjo datang dan berusaha membujuk para pemuda untuk melepaskan dwitunggal.

Baca juga: Hidangan Laut Ini Kaya Manfaat, Siswa Sudah Paham?

Akhirnya mereka bersedia dengan jaminan oleh Soebardjo bahwa proklamasi akan terjadi esok hari.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.