Kompas.com - 19/02/2022, 05:37 WIB
|

KOMPAS.com - Saat ini, banyak siswa atau mahasiswa yang memanfaatkan beasiswa untuk memperlancar pendidikannya. Maka tak heran jika banyak beasiswa yang ditawarkan baik dalam maupun luar negeri.

Sebelumnya, para pencari beasiswa harus mengirimkan dokumen untuk pengajuan beasiswanya. Salah satu dokumen yang penting ialah curriculum vitae (CV).

Dari dokumen ini tentu membantu penyedia beasiswa untuk melakukan seleksi apakah si pelamar beasiswa memang layak atau tidak. Seleksi beasiswa umumnya berlangsung cukup ketat mengingat banyaknya peminat dari program pendidikan tersebut.

Baca juga: Webinar UNS: Ini Tips Menulis CV yang Benar dan Menarik

Melansir laman Quipper, Rabu (16/2/2022), CV merupakan informasi yang isinya berupa poin-poin penting, oleh karena itu harus dibuat sesingkat dan sejelas mungkin.

Di dalam CV juga tidak boleh mengarang atau memasukkan data yang tidak relevan. Data yang dibuat-buat akan sangat berisiko. Jadi, buatlah CV yang baik sesuai dengan fakta yang sesungguhnya dan tidak bertele-tele.

Cara membuat CV untuk beasiswa

Lantas, bagaimana cara membuat CV untuk beasiswa? Berikut ini 6 cara membuat CV untuk beasiswa:

1. Desain CV harus diperhatikan

Jika membuat CV yang menarik, maka desainnya harus diperhatikan, tetapi tetap sederhana. Untuk desainnya bisa dilihat dari internet. Jangan terlalu heboh atau banyak atribut tidak penting atau menggunakan banyak warna di dalam desain.

Baca juga: Mengapa Ingin Bekerja di Perusahaan Kami? Fresh Graduate, Coba Jawab Ini

2. Data diri harus jelas

Kamu harus memastikan bahwa data diri dan informasi yang ditulis lengkap mulai dari nama, tempat dan tanggal lahir, alamat, nomor kontak, sampai email yang aktif.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.