Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Stres Tak Kunjung Mendapat Pekerjaan? Simak Tips Berikut!

Kompas.com - 02/03/2022, 16:33 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Alifia Riski Monika & Ikko Anata

KOMPAS.com - Sebagai seorang fresh graduate, tentunya impian untuk langsung bekerja dan menghasilkan uang dimiliki semua orang. Namun, tak jarang impian itu harus pupus sebab banyak yang gagal di awal perjalanan mencari pekerjaan.

Banyak faktor yang menyebabkan fresh graduate sulit mendapat pekerjaan, apalagi diperparah oleh pandemi Covid-19 yang tak kunjung usai.

Tantangan demi tantangan juga terus dilewati oleh pencari kerja, untuk sekadar menerima kalimat “Selamat, Anda diterima” yang tertulis dalam sebuah e-mail. Berpuluh-puluh CV juga telah dikirim untuk melamar di perusahaan yang menawarkan posisi yang sedang dibutuhkan.

Setelah lama menunggu kepastian, bahkan sering kali yang didapati adalah permintaan maaf.

Menyandang status pengangguran saat menanti panggilan kerja merupakan masa-masa tersulit yang dialami oleh para pencari kerja. Tak sedikit mereka yang putus asa tak kunjung menerima panggilan kerja, berujung stres, dan menurunkan semangat hidup.

Menyikapi stres karena tak kunjung mendapat pekerjaan juga menjadi bahasan menarik dalam siniar Anyaman Jiwa bertajuk “Mengatasi Stres Sulit Mendapat Pekerjaan” bersama Psikolog Klinis, Astrid Regina Sapiie, yang berbagi tips untuk para fresh graduate agar bisa melewati stres karena tak kunjung mendapat pekerjaan.

Walaupun stres memiliki manfaat positif, tetapi pada umumnya stres cenderung dikaitkan kepada hal negatif. Oleh karena itu, dampak stres, berpotensi menjadi masalah besar.

Frydenberg & Lewis (2002) mengatakan bahwa coping merupakan cara untuk melibatkan aspek kognitif, afektif, dan perilaku untuk mempertahankan situasi psikologis seseorang yang dianggapnya memuaskan ketika ia berhadapan dengan sebuah situasi yang dapat mengancam situasi psikologisnya.

Sulitnya fresh graduate mendapat pekerjaan, dilatarbelakangi oleh minimnya lapangan kerja yang tersedia dan persaingan dunia kerja yang ketat. Faktanya, Indonesia masih menempati posisi peringkat kedua di ASEAN dengan tingkat pengangguran paling tinggi.

Baca juga: Bahaya Toxic Positivity yang Harus Kamu Hindari

Lantas, apa yang bisa dilakukan saat mengalami stres?

Melansir Verywellmind ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi stres karena tak kunjung menerima sinyal positif dari lamaran pada perusahaan yang dituju dengan cara sehat.

Berlatih perawatan diri yang baik

Tidur cukup dan makan makanan yang sehat adalah kunci untuk mengelola masa sulit Anda. Merawat tubuh perlu agar pikiran berfungsi secara optimal.

Pertahankan interaksi sosial

Meskipun tidak dapat bertemu secara langsung, lakukanlah obrolan melalui video, telepon, atau pesan singkat. Interaksi sosial yang positif dapat sangat meningkatkan kesehatan mental Anda.

Coba Atur Jadwal

Tetap pada jadwal dapat membantu Anda merasa lebih baik. Ciptakan waktu untuk berkerja, bersantai, atau istirahat. Ini dapat membantu meningkatkan kesehatan mental Anda.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com