Kompas.com - 04/04/2022, 12:39 WIB
|

KOMPAS.com - Memasuki dunia kerja, tentu akan berbeda ketika masih kuliah. Terlebih bagi lulusan baru (fresh graduate) harus siap saat sudah masuk dunia kerja.

Salah satunya ialah memiliki attitude atau sikap yang baik di dalam dunia kerja. Apalagi jika kamu ingin jadi pekerja profesional, attitude menjadi satu hal yang harus kamu siapkan sejak dini.

Attitude di dalam dunia kerja ialah penentu dasar dari persepsi dan tindakan kamu terhadap semua aspek lingkungan sosial. Mulai dari masih internship, junior, atau bahkan level CEO, attitude adalah salah satu yang harus terus kamu perhatikan.

Baca juga: Jangan Terjebak Perjanjian Kerja, Fresh Graduate Perhatikan Hal Ini

Pengertian dari attitude

Melansir laman KitaLulus, attitude adalah salah satu hal yang menunjukkan bagaimana kita bersikap dan memperlakukan orang lain.

Namun pada dasarnya, attitude adalah sebuah bentuk perilaku, sikap, atau tingkah laku seseorang ketika berinteraksi dengan orang lain.

Yang kemudian diikuti oleh kecenderungan bahwa dirinya akan bertindak seperti sikap yang dimilikinya tadi.

Sementara attitude dunia kerja juga diartikan sebagai keadaan mental dan kesiapan saraf yang disusun melalui pengalaman. Nantinya bisa memberikan pengaruh dinamis terhadap respon individu lainnya terhadap semua objek yang terkait dengannya.

Alasan pentingnya punya attitude dunia kerja

Untuk itulah penting sekali pekerja memiliki attitude yang baik. Bagaimana caranya? Ini 5 alasan pentingnya punya attitude dunia kerja:

1. Bisa diterima di lingkungan baru

Karena di dunia kerja juga akan berinteraksi dengan banyak orang, maka kamu perlu punya attitude yang baik. Tak hanya di dalam satu tim tetapi juga untuk tim lain.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.