Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belajar Matematika Bisa dengan Alat Musik Gamelan, Seperti Apa?

Kompas.com - 05/04/2022, 11:00 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Matematika merupakan mata pelajaran wajib mulai jenjang pendidikan dasar hingga pendidikan menengah.

Bahkan, di bangku kuliah matematika tetap ada dan tetap dipelajari mahasiswa. Meski sulit, belajar matematika mampu melatih siswa untuk dapat berpikir realistis, kritis, praktis, sistematis, dan kreatif.

Namun tak sedikit siswa yang menganggap bahwa matematika itu salah satu pembelajaran yang sulit, abstrak, membosankan, menakutkan dan susah dipahami.

Biasanya, kendala belajar matematika karena kurang tepatnya cara penyampaian pembelajaran sehingga banyak siswa yang merasa kesulitan dalam belajar matematika.

Baca juga: Zenius-Disney Hadirkan Platform Belajar Interaktif untuk Siswa SD

Agar mudah mempelajari matematika, harus ada inovasi unik atau cara belajar yang seru. Misalnya, lewat etnomatematika gamelan Jawa.

Etnomatematika dapat digunakan untuk menjelaskan realitas hubungan antara budaya lingkungan dan matematika sebagai rumpun ilmu pengetahuan.

Dengan menggunakan pendekatan pembelajaran etnomatematika di sekolah, siswa tidak hanya bisa menjadikan gamelan Jawa sebagai salah satu media dalam pembelajaran matematika tetapi juga dapat melestarikan gamelan Jawa itu sendiri.

Selain itu pembelajaran matematika yang dipelajari melalui kebudayaan lokal membuat matematika lebih menarik dan mudah dipelajari.

Lalu, bagaimana caranya belajar matematika lewat gamelan jawa?

Tim dari Universitas Negeri Yogyakarta atau UNY, yakni mahasiswa FMIPA UNY Galang Sumantri prodi matematika dan Anisa Fatma Kurnia Sari prodi pendidikan matematika mengeksplorasi etnomatematika pada gamelan Jawa sebagai media belajar matematika lewat penelitian mereka.

Baca juga: 5 Sastrawan Perempuan Indonesia yang Karyanya Mendunia

Menurut Galang Sumantri di dalam gamelan jawa saja siswa bisa belajar matematika khususnya geometri. “Dari hasil observasi dan studi literatur diperoleh hasil bahwa terdapat unsur-unsur matematika pada alat musik gamelan Jawa” katanya dilansir dari laman UNY.

Bentuk-bentuk gamelan juga bisa dipelajari siswa saat belajar bangun datar dan bangun ruang pada matematika.

Misalnya, bentuk gamelan yang berupa persegi, persegi panjang, lingkaran, bola, trapesium, tabung, dan kerucut terpancung.

Anisa Fatma Kurnia Sari, salah satu anggota tim menjelaskan alat musik dalam gamelan Jawa yang mereka pelajari unsur matematikanya adalah bonang, gambang, demung, gender, bendha, kendang, rebab dan suling.

“Bonang adalah gamelan pukul yang memiliki ciri-ciri berbentuk cembung, mencekung di bagian tengah dan terdapat setengah bola di atasnya” kata Anisa.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com