Kompas.com - 12/04/2022, 11:17 WIB
|

KOMPAS.com - Sejak pandemi Covid-19, banyak karyawan yang bekerja dari rumah atau WFH. Karena itu, semua pekerjaan dijalankan dari depan layar komputer atau laptop.

Hal itu juga berlaku bagi para mahasiswa yang mulai terbiasa dengan pembelajaran daring. Maka intensitas di depan layar menjadi meningkat.

Karena itu, berada di depan layar secara terus menerus bisa mengganggu kesehatan. Contohnya daya kerja mata yang mengurang, sakit punggung, leher, dan kepala.

Baca juga: Tips Mengatasi Lelah Belajar/Bekerja di Depan Komputer

Jika gangguan kesehatan ini terus terjadi, alih-alih pekerjaan selesai tepat waktu, Anda justru bisa terancam bedrest dan meninggalkan tanggung jawab di kantor.

Agar hal buruk itu tidak terjadi, beberapa hal ini bisa Anda lakukan agar tetap fit meski seharian bekerja di depan layar.

Melansir laman Alumni UGM, ini 5 langkah tetap fit bekerja di depan layar:

Tips bekerja di depan komputer

  • Seting layar monitor
  • Jarak mata dengan layar monitor diatur
  • Coba duduk senyaman mungkin
  • Lakukan senam mata dan istirahat sejenak
  • Terapkan pola 20-20-20

Seting layar monitor

Hal pertama yang bisa dilakukan ialah dengan mengatur kecerahan cahayanya. Jangan terlalu cerah, namun jangan juga terlalu redup. Cahaya yang terlalu cerah dan redup cepat membuat mata Anda lelah.

Maka, usahakan kecerahan cahaya dari monitor tidak lebih kuat dibandingkan dengan pencahayaan ruangan Anda. Atur pencahayaan ruangan Anda.

Jika terlalu terang, matikan beberapa lampu. Begitu pun jika masih redup, tambah saja beberapa lampu.

Baca juga: Tips Sehat Puasa Ramadhan ala Dosen FK Ubaya

Jarak mata dengan layar monitor diatur

Setidaknya atau paling ideal jarak monitor ke mata sekitar 50-60 centimeter. Ini untuk mengurangi dampak terpaparnya mata Anda terhadap sinar dari monitor.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.