Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kerja Depan Layar? Tetap Fit dengan 5 Langkah Ini

Kompas.com - 12/04/2022, 11:17 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Sejak pandemi Covid-19, banyak karyawan yang bekerja dari rumah atau WFH. Karena itu, semua pekerjaan dijalankan dari depan layar komputer atau laptop.

Hal itu juga berlaku bagi para mahasiswa yang mulai terbiasa dengan pembelajaran daring. Maka intensitas di depan layar menjadi meningkat.

Karena itu, berada di depan layar secara terus menerus bisa mengganggu kesehatan. Contohnya daya kerja mata yang mengurang, sakit punggung, leher, dan kepala.

Baca juga: Tips Mengatasi Lelah Belajar/Bekerja di Depan Komputer

Jika gangguan kesehatan ini terus terjadi, alih-alih pekerjaan selesai tepat waktu, Anda justru bisa terancam bedrest dan meninggalkan tanggung jawab di kantor.

Agar hal buruk itu tidak terjadi, beberapa hal ini bisa Anda lakukan agar tetap fit meski seharian bekerja di depan layar.

Melansir laman Alumni UGM, ini 5 langkah tetap fit bekerja di depan layar:

Tips bekerja di depan komputer

  • Seting layar monitor
  • Jarak mata dengan layar monitor diatur
  • Coba duduk senyaman mungkin
  • Lakukan senam mata dan istirahat sejenak
  • Terapkan pola 20-20-20

Seting layar monitor

Hal pertama yang bisa dilakukan ialah dengan mengatur kecerahan cahayanya. Jangan terlalu cerah, namun jangan juga terlalu redup. Cahaya yang terlalu cerah dan redup cepat membuat mata Anda lelah.

Maka, usahakan kecerahan cahaya dari monitor tidak lebih kuat dibandingkan dengan pencahayaan ruangan Anda. Atur pencahayaan ruangan Anda.

Jika terlalu terang, matikan beberapa lampu. Begitu pun jika masih redup, tambah saja beberapa lampu.

Baca juga: Tips Sehat Puasa Ramadhan ala Dosen FK Ubaya

Jarak mata dengan layar monitor diatur

Setidaknya atau paling ideal jarak monitor ke mata sekitar 50-60 centimeter. Ini untuk mengurangi dampak terpaparnya mata Anda terhadap sinar dari monitor.

Usahakan juga posisi layar sejajar dengan pandangan mata agar leher tidak terlalu membungkuk. Ketika Anda sering membungkuk untuk menatap layar, gangguan pada leher bisa terjadi.

Coba duduk senyaman mungkin

Ketika bekerja seharian di depan komputer tentu sangat melelahkan. Jika salah posisi ketika duduk, Anda bisa mengalami gangguan tulang dan otot.

Untuk itu, cobalah mencari kursi yang nyaman untuk Anda. Paling tidak, tinggi kursi setinggi lutut sehingga ketika duduk, posisi paha Anda menjadi sejajar dengan lantai.

Selain itu, usahakan untuk duduk dengan tegap namun tetap santai. Anda juga dapat memanfaatkan sandaran kursi untuk membuat lebih nyaman.

Lakukan senam mata dan istirahat sejenak

Langkah berikutnya ialah dengan beristirahat sejenak. Tentu agar mata yang lelah bisa istirahat. Oleh karena itu, jangan terus menerus menatapnya. Ambil beberapa jeda untuk mengistirahatkan mata Anda.

Caranya, pejamkan mata Anda barang sejenak, kedip-kedipkan, dan pandang ke arah tempat yang lapang. Bisa di dalam ruangan, luar ruangan lebih diutamakan.

Baca juga: Begini 5 Cara Membersihkan Layar Laptop yang Benar

Terapkan pola 20-20-20

Ada penelitian dari seorang profesor the State University of New York College of Optometry yang mengenalkan tips kesehatan mata dengan pola 20 20 20.

Arti dari 20 20 20 ialah setiap 20 menit Anda melihat monitor, mata harus diistirahatkan selama 20 detik untuk memandang objek lain sejauh 20 meter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com