Kompas.com - 25/04/2022, 20:30 WIB

KOMPAS.com - Jantung menjadi salah satu organ vital manusia. Menjaga kesehatan jantung perlu diupayakan setiap saat, termasuk saat menjalankan ibadah puasa Ramadan.

Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) UM Surabaya Fatin Lailatul Badriyah memberikan beberapa tips berpuasa agar jantung tetap sehat.

Fatin mengatakan, hal pertama yang perlu diperhatikan supaya fungsi jantung tetap bekerja maksimal saat berpuasa yakni dengan cara mengatur porsi makan.

“Saat berbuka puasa makan secukupnya saja, tidak perlu terlalu berlebihan sehingga seseorang merasa terlalu kenyang, karena hal tersebut akan membantu meringankan faktor risiko penyakit jantung dan pembuluh darah,” tutur Fatin dilansir dari laman UM Surabaya.

Baca juga: Dokter Unair: Sakit Maag, Lakukan Tips Ini Saat Berpuasa

Tips yang kedua, menurut Fatin perlu memperbanyak asupan sayur dan buah. Sebab sayur dan buah termasuk bahan makanan rendah kalori dan kaya akan serat.

Sayur dan buah, lanjut dia, adalah sumber vitamin dan mineral yang sangat baik. Kandungan-kandungan tersebut menjadi komponen sel-sel penting pada jantung, sehingga membantu tubuh mencegah terjadinya penyakit jantung.

Hal ketiga, Fatin menyarankan untuk mengonsumsi gandum utuh sebagai sumber karbohidrat dan serat.

Gandum utuh atau biji-bijian yang utuh adalah sumber serat yang sangat baik yang berperan mengatur tekanan darah dan kesehatan jantung.

Memilih tepung gandum utuh, roti gandum utuh, oat, nasi cokelat sebagai menu makanan saat sahur dan berbuka.

“Selanjutnya seseorang perlu menghindari lemak tidak sehat. Konsumsi lemak jenuh dan lemak trans harus dihindari atau dikurangi saat berbuka dan sahur karena sangat penting untuk membantu menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh," jelasnya.

Baca juga: 5 Ciri Orang Cerdas Bukan Hanya Dilihat dari IQ, Kamu Punya Ciri-cirinya?

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.