Kompas.com - 25/04/2022, 20:45 WIB
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Lulusan baru atau fresh graduate yang sedang mencari pekerjaan, harus banyak mencari tahu informasi mengenai tahapan proses rekrutmen.

Salah satu tahapan yang harus dilalui para pencari kerja adalah wawancara atau interview dengan bagian HRD atau perwakilan lain dari perusahaan.

Meski terlihat sederhana, namun tahapan wawancara ini sangat menentukan diterima atau tidaknya pelamar kerja. Bahkan seringkali proses wawancara kerja ini justru berujung pada kegagalan.

Untuk menambah wawasan para mahasiswa terkait wawancara kerja, Himpunan Mahasiswa D4 Teknologi Laboratorium Medis Fakultas Vokasi Universitas Airlangga (Unair) mengadakan webinar menggandeng Vania Christiawantho Marketing Manager ESC sekaligus Co-founder Match and Work.

Baca juga: 6 Tips Puasa dalam Kondisi Pandemi Covid-19, Mahasiswa Yuk Coba

Webinar ini mengupas mengenai strategi wawancara memasuki dunia kerja. Vania membeberkan, dalam sesi wawancara kerja, pelamar harus mempersiapkan beberapa hal.

Sebelum itu, Vania mengimbau peserta yang sebagian besar adalah mahasiswa untuk mengeksplor banyak hal selama berkegiatan di kampus maupun luar kampus.

"Dalam membangun job application sebenarnya dilakukan saat kalian masih menginjakkan kaki di bangku kuliah," kata Vania seperti dikutip dari laman Unair, Senin (25/4/2022).

Dua jenis wawancara kerja

Menurut Vania, terdapat dua jenis interview yang bakal dilalui pelamar, yakni:

Baca juga: BCA Multi Finance Buka Lowongan Kerja bagi Lulusan SMA, Buruan Daftar

1. Wawancara bersama Human Resource Interview (HRD)

Wawancara ini dilakukan setelah pelamar lolos tahapan awal hingga penyaringan berkas administratif.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.