Kompas.com - 27/04/2022, 13:30 WIB

 

KOMPAS.com - Universitas Negeri Semarang (Unnes) siap menerima siswa yang memiliki bakat istimewa. Salah satunya adalah siswa penghafal Al-Quran atau hafidz.

Untuk itu, Unnes membuka jalur mandiri khusus bagi mereka yang bisa menghafal Al-Quran atau memang seorang hafidz.

Jalur khusus para hafidz ini, dibuka tanpa perlu ada tes bagi calon pesertanya. Hal itu diungkapkan oleh Rektor Unnes, Prof Fathur Rokhman.

Ia mengatakan, kemampuan siswa menghafal Al-Quran sudah membuktikan bahwa mereka adalah siswa cerdas. Dengan demikian, mereka tidak perlu lagi dites kecerdasannya.

Baca juga: UGM Buka Jalur Prestasi D4-S1 2022, Ada Beasiswa UKT 8 Semester

“Allah telah menjanjikan untuk mengangkat derajat manusia yang berilmu. Para hafidz adalah anak-anak yang berilmu dan memiliki bakat istimewa. Unnes ingin anak-anak dengan bakat istimewa itu mendapat fasilitas melanjutkan pendidikannya,” kata Prof Fathur.

Ia menambahkan, sebagai rumah Ilmu Pengembangan Peradaban, Unnes menghargai siapa pun yang memiliki komitmen mengembangkan ilmu pengetahuan.

Bukan hanya ilmu pengetahuan modern, kampusnya sangat menghargai siswa yang memiliki ilmu dalam bidang agama.

“Komitmen UNNES sebagai Rumah Ilmu adalah menjadi pengembang peradaban unggul. Siswa penghafal Al-Quran adalah anak muda yang memiliki keunggulan. Bakat mereka harus difasilitasi agar terus berkembang,” lanjutnya.

Prof Fathur, mengatakan penerimaan jalur hafidz ini dibuktikan dengan sertifikat atau surat keterangan dari lembaga, yaitu hafal Alquran minimal 20 juz untuk muslim atau prestasi keagamaan lain untuk non muslim.

Baca juga: Ikut Jalur Mandiri UI 2022? Ini Jadwal SIMAK UI 2022 dan Biaya Kuliah

Selain bagi hafidz, ia juga mengundang siswa yang memiliki bakat dalam bidang seni, olahraga, atau sains untuk belajar ke Unnes melalui jalur prestasi.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.