Kompas.com - 25/04/2022, 11:55 WIB
|

KOMPAS.com - Selama menjalankan ibadah puasa, umat Islam harus tetap menjaga kesehatan diri. Salah satunya terkait pada kesehatan kulit.

Sebab, saat berpuasa proses regenerasi atau pergantian kulit cenderung lebih cepat daripada biasanya.

Di samping itu, melalui ibadah puasa, tubuh dapat menyeimbangkan metabolismenya dengan meningkatkan kadar antioksidan.

Baca juga: Tanda Kolesterol Tinggi, Info Fakultas Keperawatan Unair

Menurut Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia (FK UII), Dr. dr. Rosmelia, M.Kes, Sp.KK., antioksidan akan menangkal radikal bebas yang menyebabkan peradangan di kulit.

"Kulit pun nantinya akan terlihat lebih muda dan segar," ujarnya seperti dikutip dari laman resmi Universitas Islam Indonesia (UII).

Tips menjaga kesehatan kulit

Dikatakan, berpuasa membuat tubuh tidak mendapatkan asupan air. Berdasarkan aspek klinis akan menimbulkan keadaan dehidrasi atau kekurangan cairan. Keadaan tersebut akan menimbulkan gejala seperti bibir dan kulit kering.

Solusi yang bisa diterapkan adalah dengan mencukupi kebutuhan air minimal 1.5 liter saat setelah buka puasa sampai sahur.

"Tapi, memang sulit karena biasanya minum dua atau tiga gelas saja kita sudah kenyang," kata dr. Rosmelia.

Bahkan ketika memasuki minggu kedua bulan Ramadhan, tubuh akan memasuki keadaan hipodehidrasi. Hal ini tidak berbahaya karena memang bentuk adaptasi terhadap metabolisme tubuh.

Baca juga: Fakultas Keperawatan Unair: Ini 7 Cara Mencegah Gagal Ginjal

"Meski mungkin gejala hipodehidrasi tidak memberi efek signifikan pada organ tubuh lain, tapi bagi kulit akan sangat terlihat," paparnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.