Kompas.com - 22/05/2022, 14:09 WIB
|

KOMPAS.com - Kesempatan melanjutkan pendidikan ke luar negeri saat ini bisa diraih oleh tiap mahasiswa.

Para mahasiswa bisa mencari program beasiswa agar bisa kuliah di luar negeri sesuai yang diinginkan.

Salah satu negara yang menjadi tujuan untuk melanjutkan pendidikan adalah China. Tercatat, sekitar 15,7 ribu mahasiswa yang mendaftar beasiswa ke negeri Tirai Bambu tersebut.

Hal ini disampaikan dalam seminar "Kiat Menembus Beasiswa ke China" yang diselenggarakan Pusat Bahasa Mandarin Universitas Negeri Surabaya (Unesa) di Confucius Institute Surabaya.

Baca juga: Beasiswa S1-S3 di Thailand, Bisa Kuliah Gratis dan Tunjangan Hidup

6 program beasiswa yang ditawarkan China

Dalam seminar tersebut hadir sejumlah pembicara yang membagikan tips meraih beasiswa ke China.

Alumnus Changchun University, Erlina Anggraini mengatakan, melanjutkan pendidikan di China merupakan idaman sebagian mahasiswi Indonesia.

Negara tersebut menjadi salah satu tempat studi lanjut yang tepat karena kualitas pendidikan, teknologi, dan pengaruhnya terhadap perekonomian dunia.

Tidak hanya itu, bahasa Mandarin yang merupakan bahasa masyarakat China juga menjadi bahasa internasional kedua setelah bahasa Inggris.

Baca juga: Tips Sukses Ikuti UTBK SBMPTN 2022 dari Wakil Rektor Unja

China menawarkan 6 beasiswa, yakni Chinese Government Scholarship (CGS), Local Government Scholarship, Confucius Institute Scholarship, Chinese University Scholarship, ASEAN University Scholarship (AUN), ASEAN-China Young Leaders Scholarship (ACYLS), MOFCOM Scholarship, serta Belt and Road Scholarship.

"Bagi para pendaftar yang belum mahir berbahasa Mandarin bisa menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar saat perkuliahan," urai Erlina Anggraini seperti dikutip dari laman Unesa, Minggu (22/5/2022).

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.