Kompas.com - 26/05/2022, 15:57 WIB
|

KOMPAS.com - Rambut adalah mahkota. Jadi, menjaga penampilan rambut sangat penting bagi seorang wanita atau pria. Terlebih yang sudah dengan penampilan.

Jika rambut bermasalah tentu akan mengganggu penampilan. Apalagi jika rambut rontok. Rambut rontok merupakan kondisi yang dapat dialami semua orang.

Melansir laman Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga (Ners Unair), normalnya, dalam 1 hari sekitar 50-100 helai rambut gugur.

Baca juga: 7 Cara Mencegah Radang Tenggorokan dan Amandel, Info Ners Unair

Jika jumlahnya melebihi dari itu dan berlangsung terus-menerus, kondisi kerontokan rambut sudah dianggap berlebihan dan perlu adanya treatment khusus.

Sebagian orang akan melakukan treatment dengan cara alami di rumah untuk mengurangi kerontokan rambut daripada pergi ke dokter. Lalu hal apa saja yang dapat kita lakukan untuk mengurangi kerontokan rambut?

Cara mengatasi rambut rontok

1. Jangan terlalu sering keramas

Kebanyakan orang menganggap keramas setiap hari dapat menjaga kondisi rambut tetap sehat dan bersih. Padahal, penggunaan sampo yang terlalu sering dapat menyebabkan rambut rusak, kering, mudah patah, dan terlihat lebih tipis.

Tak hanya itu, mengeringkan rambut setelah keramas dengan menggosoknya secara kencang menggunakan handuk juga dapat membuat rambut mengalami kerontokan.

Oleh karena itu, agar rambut tidak mudah rontok, kita disarankan untuk melakukan keramas sebanyak 1–3 kali seminggu dan mengeringkan rambut dengan menggunakan handuk secara lembut.

Baca juga: Ini Cara Mencegah dan Mengobati Mata Merah dari Ners Unair

2. Rambut ditata dengan lembut

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.