Kompas.com - 16/08/2022, 14:47 WIB

KOMPAS.com - Baju adat yang digunakan Presiden Jokowi pada Presiden Joko Widodo tiba di Kompleks Parlemen Senayan pada Selasa (16/7/2022) untuk menghadiri Sidang Tahunan MPR RI serta Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2022.

Ternyata baju adat yang digunakan Presiden Jokowi merupakan pakaian adat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang disebut dengan nama Paksian.

Baju adat Paksian yang digunakan Presiden Jokowi terdiri dari warna hijau, emas, dan merah tua dengan motif pucuk rebung. 

Motif pucuk rebung, sebagai lambang kerukunan. Sedangkan warna hijau melambangkan kesejukan, harapan dan pertumbuhan.

Sejarah baju adat Paksian dari Bangka Belitung sendiri merupakan busana pengantin yang khas dari Kota Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung. 

Baca juga: Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, ada 2 Naskah Teks yang Berbeda

Sejarah baju adat Paksian dari Bangka Belitung ini, ternyata memiliki pengaruh dari budaya negara lain.

Dilansir dari laman Kemdikbud, budaya yang mempengaruhi bentuk pakaian adat Peksian adalah dari Cina dan Arab.

Cerita turun-menurun yang merupakan cikal bakal sejarah baju aday Paksian, konon dimulai dari pertemuan dua insan yang berbeda budaya.

Ada saudagar dari Arab yang datang ke negeri Cina untuk berdagang sambil menyiarkan agama Islam dan jatuh cinta dengan seorang gadis Tionghoa. Kemudian mereka melangsungkan pernikahan dengan gadis Tionghoa tersebut.

Pada pernikahan inilah mereka memakai pakaian adat masing-masing. Selanjutnya karena banyaknya orang-orang Cina dan Arab yang datang merantau ke Pulau Bangka terutama ke pangkal-pangkal di Pulau Bangka yang merupakan pusat segala aktifitas masyarkat waktu itu diantaranya ada yang melakukan pernikahan maka banyaklah penduduk Pulau Bangka yang meniru pakaian adat tersebut.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.