Kompas.com - 25/08/2022, 07:00 WIB

 

KOMPAS.com - Makan satu kali sehari bukanlah strategi diet yang baik. Untuk mendapatkan tubuh yang ideal dan sehat harus memperhatikan pola makan, frekuensi makan dan olahraga.

Tak sedikit orang salah kaprah dengan mengurangi frekuensi makan demi mendapatkan tubuh yang ideal.

Menurut Departemen Kesehatan (Depkes) RI, frekuensi makan adalah berapa kali makan dalam sehari meliputi makan pagi, makan siang, makan malam dan makan selingan.

Frekuensi makan dalam sehari terdiri dari tiga kali makan utama yaitu makan pagi, makan siang dan makan malam. Jadwal makan dibagi menjadi makan pagi (sebelum jam 09.00), makan siang (12-13) dan makan malam (18.00-19.00).

Ahli Gizi UM Surabaya Tri Kurniawati menjelaskan, jadwal makan disesuaikan dengan waktu pengosongan lambung yakni 3-4 jam sehingga waktu makan yang baik adalah dalam rentang waktu tersebut sehingga lambung tidak dibiarkan kosong terlalu lama.

Baca juga: Efek Samping Sering Facial, Dosen UM Surabaya Sebut 5 Hal Ini

Menurutnya pola makan yang tidak teratur seperti terlambat makan atau menunda waktu makan bahkan tidak makan dapat membuat perut mengalami kekososngan dalam jangka waktu yang lama.

“Jadwal makan tidak teratur tentunya akan berdampak pada lambung. Makan yang tidak teratur membuat rasa lapar yang lebih dibanding orang yang lapar makan teratur, sehingga akan lebih sulit mengontrol apa yang akan dikonsumsi, sehingga jumlah yang dikonsumsi lebih banyak,” jelas Tri dilansir dari laman UM Surabaya.

Tri yang merupakan Dosen Kesehatan dan Gizi Anak Usia Dini UM Surabaya mengatakan, makan satu kali sehari tentunnya bukan hal yang dianjurkan karena akan memicu beberapa hal diantaranya:

1. Memicu kelelahan

Pola konsumsi yang tidak teratur selama beraktivitas, dapat meningkatkan penggunaan cadangan energi otot. Akibatnya terjadi pengurangan glikogen otot yang dapat menimbulkan rasa lelah dan akan berbanding lurus dengan penurunan kadar glikogen otot.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.